Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/02/2022, 08:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kompos merupakan salah satu sumber nutrisi bagi tanaman. Anda bisa menggunakan bahan yang ada di rumah untuk membuat kompos, termasuk dari rumput.

Dilansir dari Gardening Know How, Kamis (10/2/2022), ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum membuat kompos dari rumput.

Hal pertama yang perlu diketahui sebelum menambahkan potongan rumput ke kompos adalah Anda tidak perlu membuat potongan rumput menjadi kompos.

Baca juga: 5 Bahan yang Tak Boleh Digunakan saat Membuat Pupuk Kompos

Ilustrasi rumput.UNSPLASH/OCHIR-ERDENE OYUNMEDEG Ilustrasi rumput.

Mengumpulkan rumput yang dipotong menjadi kompos bisa menjadi tugas besar dan jika Anda memotong rumput dengan benar, itu adalah tugas yang tidak perlu.

Memotong rumput pada ketinggian yang tepat dan dengan frekuensi yang tepat berarti bahwa potongan rumput tersebut akan terurai secara alami di halaman rumah tanpa menimbulkan bahaya.

Bahkan, membiarkan potongan rumput terurai di halaman rumah secara alami akan membantu menambahkan nutrisi ke tanah dan mengurangi kebutuhan pupuk.

Jika Anda perlu membuang potongan rumput, Anda masih perlu tahu lebih banyak tentang proses pembuatan kompos dengan potongan rumput. Yang terpenting, Anda perlu menyadari bahwa rumput yang baru dipotong dianggap sebagai bahan 'hijau' di kompos.

Baca juga: Cara Memanfaatkan Limbah Sayuran dan Buah untuk Pupuk Kompos

Kompos harus memiliki keseimbangan bahan hijau dan coklat yang tepat agar dapat terurai dengan baik. Dengan demikjwn, ketika Anda membuat kompos dari rumput yang baru dipotong, Anda perlu memastikan bahwa Anda juga menambahkan warna coklat, seperti daun kering.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com