Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Bahan Alami yang Dapat Menghilangkan Bau di Rumah

Kompas.com - 23/08/2022, 20:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski suda sering membuka jendela, menyedot debu secara teratur dan menggunakan filter HEPA di dalam rumah, terkadang masih saja ada bau yang mengendap di dalam ruangan.

Untuk mengatasinya, cara termudah adalah menggunakan produk pewangi ruangan yang dijual di pasaran. 

Baca juga: Cara Membuat Pengharum Ruangan yang Lebih Wangi dan Tahan Lama

Namun, sebenarnya, ada beberapa bahan di sekitar rumah yang dapat dijadikan sebagai pewangi ruangan alami. Bahkan bahan-bahan alami ini memiliki aroma menenangkan dan menyegarkan seperti kayu putih atau eukaliptus.

Nah, berikut beberapa bahan alami untuk menghilangkan bau di rumah dilansir dari Martha Stewart, Selasa (23/8/2022). 

Cuka

Ilustrasi cuka, air cuka untuk mengusir laron.SHUTTERSTOCK/KAI KEISUKE Ilustrasi cuka, air cuka untuk mengusir laron.
Selain membersihkan rumah, cuka juga berkhasiat menetralkan bau asap, bau masakan, dan bau apek. Untuk memanfaatkannya, isi piring kaca dengan cuka putih dan letakkan di atas meja.

Namun, untuk hasil lebih efektif, rebus cuka putih yang telah dicampur air dengan perbandingan sama di atas kompor selama satu jam. Biarkan uap menyebar ke semua bagian rumah. 

Baca juga: Cara Membuat Pengharum Ruangan Alami dan Tidak Beracun

Minyak essensial

Jasmine Bues, ahli aromaterapi klinis dan salah satu pemilik Madison + Green, mengatakan membuat penyegar udara sendiri menggunakan minyak esensial terbilang mudah.

Anda hanya perlu mencampur beberapa tetes minyak pekat ke dalam larutan air dan semprotkan.

Untuk membersihkan udara di kamar mandi, tambahkan 15 tetes minyak thyme dan 10 tetes minyak geranium ke dalam botol semprot kaca, lalu tuangkan dalam dua gelas air, dan semprotkan sesuai kebutuhan. 

Baca juga: Ragam Pilihan Pengharum Ruangan untuk Menghilangkan Bau

"Minyak ini memiliki disinfektan dan sifat antimikroba," kata Bues.

Sedangkan untuk menghilangkan bau di dapur, campurkan 15 tetes minyak serai, 10 tetes minyak peppermint, dan lima tetes minyak kemangi ke dalam 473 mililiter air.

"Minyak esensial ini mampu menempel pada molekul makanan serta menghilangkan bau, lemak dan makanan yang terbakar." 

Baca juga: Tips Membuat Pengharum Ruangan, Pakai Sabun Batang dan Pewangi Pakaian 

Lemon

Sebagian orang meyakini minum air lemon untuk asam lambung dapat membantu meredakan gejalanya. Adapun refluks asam, atau asam lambung naik, terjadi saat asam yang ada di perut kita mengalir naik ke kerongkongan.PEXELS/RODNAE PRODUCTION Sebagian orang meyakini minum air lemon untuk asam lambung dapat membantu meredakan gejalanya. Adapun refluks asam, atau asam lambung naik, terjadi saat asam yang ada di perut kita mengalir naik ke kerongkongan.
Lemon dapat menghilangkan bau yang tertinggal dari makanan. Ada beberapa cara  melakukannya, yakni mendidihkan beberapa potong dalam air atau panggang lemon dalam oven.

Metode apa pun yang Anda pilih dapat mengusir bau pada ruangan sekiligus memberi kesegaran. 

Lavender

Beberapa penelitian telah melihat potensi penggunaan bahan kimia dalam aroma lavender sebagai cara untuk mengurangi kecemasan.

Mengisi rumah dengan aroma lavender tidak ada salahnya. Coba selipkan sachet lavender kering ke dalam laci dan bantal atau tinggalkan vas lavender segar di meja untuk pewangi kamar tidur instan serta menghilangkan stres. 

Baca juga: 4 Aroma Minyak Esensial yang Dapat Membantu Tidur Lebih Nyenyak 

Arang aktif

Arang aktif efektif menyerap sebagian besar bau dan polutan udara. Selain itu, arang aktif tidak berbau dan beracun sehingga bisa meletakkannya di area-area rumah yang berbau seperti tempat sampah dan kotak pasir kucing

Tanaman eucalyptus

Gantung satu tanaman eucalyptus di kamar mandi, tepatnya di shower agar melepaskan aroma menyegarkan. Tangkai segar eucalyptus seharusnya bertahan sekitar tiga hingga empat minggu sebelum mengering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com