Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta Menarik Anjing Cavalier King Charles Spaniel

Kompas.com - 23/08/2022, 15:49 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cavalier king charles spaniel adalah ras anjing kecil yang senang dipangku alias dimanja. Ras anjing yang lembut dan penuh kasih sayang ini memenangkan hati kerajaan sejak abad ke-17.

Anjing dengan telinga panjang ini dikenal ramah, menyenangkan, serta sangat terikat dengan pemiliknya sehingga tidak direkomendasikan untuk mereka yang sibuk atau sering bepergian jauh dari rumah

Baca juga: 8 Fakta Menarik Anjing Chihuahua, Si Kecil Berkepribadian Besar

Selain itu, anjing Cavalier king charles spaniel juga cocok sebagai anjing peliharaan untuk rumah yang memiliki anak-anak. 

Cavalier king charles spaniel menggabungkan sifat-sifat menyenangkan dari anjing pendamping dengan naluri olahraga yang hidup dari nenek moyang mereka, anjing Spaniel. 

Meski tidak sepopuler ras anjing kecil lainnya seperti Shih tzu, Chihuahua, dan Pudel, anjing Cavalier king charles spaniel memiliki fakta menarik yang tak kalau memukau. 

Nah, disadur dari berbagai sumber, Selasa (23/8/2022), berikut sejumlah fakta menarik anjing Cavalier king charles spaniel. 

Baca juga: Mengenal Anjing German Shepherd Putih, dari Fakta Unik hingga Karakter

Berbeda dari toy Spaniel 

Ilustrasi Cavalier King Charles SpanielUnsplash/Courtney Mihaka Ilustrasi Cavalier King Charles Spaniel

Dikutip dari Mental Floss, Cavalier king charles spaniel sendiri adalah ras anjing yang cukup baru meski pendahulunya, toy Spaniel, sangat populer dari abad ke-16 hingga ke-18.

Anjing pangkuan kecil ini dibawa dari Prancis ke Skotlandia pada 1500-an oleh Ratu Skotlandia. Di sana, anjing toy Spaniel menghangatkan pangkuan bangsawan dan berpelukan di tempat tidur ratu.

Anjing-anjing ini kadang-kadang ditampilkan di sebelah pemilik kerajaan dalam lukisan oleh beberapa seniman terhebat saat itu, termasuk Titian, Van Dyck, dan Lely. 

Baca juga: 7 Fakta Menarik Anjing German Shepherd, Cerdas dan Bantu Tugas Polisi

Mendapat naman dari Raja Charles II 

Selanjutnya, fakta menarik anjing Cavalier king charles spaniel adalah mendapatkan namanya dari Raja Charles II, pemimpin Kerajaan Inggris yang memerintah dari 1660-1685. 

Raja Charles II diketahui sangat menyukai ras anjing ini. Sang raja disebut tidak akan pergi ke mana pun tanpa setidaknya dua atau tiga ekor Spaniel kecil ini.

Bahkan, dilansir dari Dogtime, raja memutuskan bahwa Spaniel harus diizinkan di tempat umum mana pun, termasuk Gedung Parlemen.

Keputusan tersebut diklaim masih berlaku hari ini di Inggris meski belum ada yang mengujinya baru-baru ini untuk membuktikan bahwa hal itu benar.

Cinta Raja Charles II yang begitu kuat dengan anjing Cavalier king charles spaniel ini membuat beberapa orang menuduhnya mengabaikan kerajaan demi memelihara anjing Cavalier king charles spaniel yang kita kenal saat ini. 

Baca juga: 10 Fakta Menarik Golden Retriever, Si Anjing Ceria yang Serbaguna 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com