Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ras Anjing yang Sering Mengeluarkan Air Liur, Apa Saja?

Kompas.com - 23/08/2022, 19:54 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Federasi Kinologi Internasional mengungkapkan bahwa ada 360 ras anjing yang secara resmi diakui. Mereka tersebar di dunia, termasuk di Indonesia.

Dari jumlah tersebut, ada beberapa anjing yang lebih sering mengeluarkan air liur daripada ras anjing lainnya. Biasanya, anjing-anjing ini memiliki ciri-ciri fisik yang khas.

Baca juga: Catat, Ini 10 Perbedaan Anjing French Bulldog dan Boston Terrier

Mereka memiliki karakteristik pipi serta bibir yang besar dan kendur, yang membuat banyak air liur dapat berkumpul sehingga memudahkannya keluar.

Bagi sebagian orang, bentuk fisik ini hanya menambah karakteristik anjing, sementara bagi yang lain cukup merepotkan lantaran harus rutin membersihkan air liur anjing.

Disadur dari The Spruce Pets, Selasa (23/8/2022), berikut daftar lima ras anjing yang sering mengeluarkan air liur

Baca juga: Mengenal Anjing German Shepherd Putih, dari Fakta Unik hingga Karakter

Saint bernard

Ilustrasi anjing Saint bernard Unsplash/Alex Motoc Ilustrasi anjing Saint bernard

Saint bernard adalah anjing bertubuh besar dan bersifat lembut yang berasal dari Pegunungan Alpen di Swiss. Mereka adalah sahabat bulu yang protektif dan bisa menjadi teman bermain anak-anak.

Anjing ini tumbuh di iklim dingin dan tidak cocok hidup di daerah panas. Jika tinggal di daerah beriklim panas, Saint bernard akan mengeluarkan lebih banyak air liur untuk mendinginkan tubuh.

Dogue de bordeaux

Dogue de bordeaux, yang juga disebut French Mastiff, adalah anjing bertubuh besar dan sering mengeluarkan air liur daripada ras anjing lainnya. 

Anjing ini sangat setia, suka bermain, dan jinak dengan keluarga manusianya. Namun, Dogue de bordeaux kuat dan memiliki naluri pelindung yang mumpuni. Jadi, pelatihan serta sosialisasi perlu diberikan. 

French mastiff adalah anjing brachycephalic, yakni bermoncong pendek dan berwajah datar sehingga rentan terhadap suhu panas yang berlebihan.

Baca juga: 9 Fakta Menarik English Mastiff, Anjing Paling Besar di Dunia

Bloodhound

Ilustrasi ras anjing Bloodhound. PIXABAY/MARKFIZZWIG Ilustrasi ras anjing Bloodhound.

Bloodhound adalah anjing yang terkenal memiliki indra penciuman sangat tajam, wajahnya terlihat kendur, dan temperamennya yang jinak.

Bloodhound juga sering mengeluarkan banyak air liur dan memiliki sifat yang terkadang keras kepala sehingga pemilik harus bekerja lebih keras dalam melatihnya.

Meski demikian, Bloodhound tetap menjadi sahabat bulu yang lembut dan cocok dipelihara. Mereka memiliki wajah yang panjang dan keriput dengan kulit yang sangat longgar di sekitar mulutnya.

Baca juga: 12 Ras Anjing Asal Inggris, dari Bulldog hingga Terrier

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com