Kompas.com - 13/08/2022, 11:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman kelapa menjadi salah satu komoditas perkebunan yang diunggulan. Secara umum, tanaman kelapa terbagi atau kelapa dalam dan kelapa genjah.

Kedua jenis tanaman tersebut memiliki karakteristik dan keunggulan yang berbeda. Namun, pada kesempatan kali ini, kita hanya akan mengulas seputar pohon kelapa genjah. Simak penjelasan berikut untuk dapatkan informasi selengkapnya.

Apa itu kelapa genjah?

Seperti namanya, kelapa genjah adalah tanaman kelapa yang berbuah dalam waktu singkat. Tanaman ini sebenarnya sudah ada sejak lama.

Ilustrasi tanaman kelapa, pohon kelapa. PIXABAY/PEXELS Ilustrasi tanaman kelapa, pohon kelapa.

Pamornya kembali naik setelah Presiden Joko Widodo menanam jenis kelapa ini dan meminta beberapa daerah di Jawa Tengah untuk menanam kelapa genjah.

Baca juga: Cara Menanam Pohon Kina yang Benar agar Pertumbuhannya Baik

Jenis kelapa yang termasuk tipe genjah sebenarnya cukup mudah dikenali.

Mengutip dari buku Pembangunan Perkebunan Kelapa Hibrida Berkelanjutan, Sabtu (13/8/2022), tipe kelapa genjah memiliki karakteristik morfologi yang lebih pendek dibandingkan tipe kelapa dalam.

Batang kelapa genjah agak kecil dan tidak memiliki bol pada pangkal batang yang dekat dengan tanah. Jarak antar bekas daun atau leaf scars lebih rapat dibandingkan kelapa dalam. Hal inilah yang membuat kelapa genjah tumbuh tinggi dengan lambat.

Panjang daun tanaman ini juga relatif pendek, umumnya di bawah 4 meter. Dengan demikian, pohon kelapa genjah ini bisa dibudidayakan dengan jarak tanam yang rapat (sekitar 7,5 x 7,5 m).

Jika dilihat dari potensi buahnya, kelapa berusia pendek ini memiliki potensi buah yang menjanjikan. Kelapa genjah diketahui bisa menghasilkan buah rata-rata di atas 120 butir/pohon/tahun.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Stek Durian agar Pertumbuhannya Cepat

Sayangnya, ukuran buah yang dihasilkan relatif lebih kecil dibandingkan kelapa dalam. Maka dari itu, buah kelapa genjah ebih sering dimanfaatkan sebagai kelapa muda, kelapa santan, dan dimanfaatkan niranya untuk dioleh menjadi gula kelapa.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.