Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Ciri Kelapa Genjah dan Kelebihannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman kelapa menjadi salah satu komoditas perkebunan yang diunggulan. Secara umum, tanaman kelapa terbagi atau kelapa dalam dan kelapa genjah.

Kedua jenis tanaman tersebut memiliki karakteristik dan keunggulan yang berbeda. Namun, pada kesempatan kali ini, kita hanya akan mengulas seputar pohon kelapa genjah. Simak penjelasan berikut untuk dapatkan informasi selengkapnya.

Apa itu kelapa genjah?

Seperti namanya, kelapa genjah adalah tanaman kelapa yang berbuah dalam waktu singkat. Tanaman ini sebenarnya sudah ada sejak lama.

Pamornya kembali naik setelah Presiden Joko Widodo menanam jenis kelapa ini dan meminta beberapa daerah di Jawa Tengah untuk menanam kelapa genjah.

Jenis kelapa yang termasuk tipe genjah sebenarnya cukup mudah dikenali.

Mengutip dari buku Pembangunan Perkebunan Kelapa Hibrida Berkelanjutan, Sabtu (13/8/2022), tipe kelapa genjah memiliki karakteristik morfologi yang lebih pendek dibandingkan tipe kelapa dalam.

Batang kelapa genjah agak kecil dan tidak memiliki bol pada pangkal batang yang dekat dengan tanah. Jarak antar bekas daun atau leaf scars lebih rapat dibandingkan kelapa dalam. Hal inilah yang membuat kelapa genjah tumbuh tinggi dengan lambat.

Panjang daun tanaman ini juga relatif pendek, umumnya di bawah 4 meter. Dengan demikian, pohon kelapa genjah ini bisa dibudidayakan dengan jarak tanam yang rapat (sekitar 7,5 x 7,5 m).

Jika dilihat dari potensi buahnya, kelapa berusia pendek ini memiliki potensi buah yang menjanjikan. Kelapa genjah diketahui bisa menghasilkan buah rata-rata di atas 120 butir/pohon/tahun.

Sayangnya, ukuran buah yang dihasilkan relatif lebih kecil dibandingkan kelapa dalam. Maka dari itu, buah kelapa genjah ebih sering dimanfaatkan sebagai kelapa muda, kelapa santan, dan dimanfaatkan niranya untuk dioleh menjadi gula kelapa.

Keunggulan kelapa genjah

Kelapa genjah menjadi komoditas yang banyak diminati petani karena memiliki banyak keunggulan. Menurut penjelasan di jurnal Prespektif Vol. 17, No. 1, berikut beberapa kelebihan kepala genjah yang tidak dimiliki jenis pohon kelapa lainnya.

  1. Memiliki batang pendek dan pertumbuhan tinggi yang lambat.
  2. Umur berbunga relatif singkat yaitu hanya sekitar 2-3 tahun saja.
  3. Kelapa genjah lebih cepat disadap untuk menghasilkan nira.
  4. Bisa di tanam dengan jarak rapat sehingga lebih efisien dalam hal penggunaan lahan.

Demikian penjelasan singkat seputar kelapa genjah mulai dari karakteristik hingga kelebihan yang dimiliki. Meskipun memiliki beberapa keunggulan, namun untuk mendapatkan produkvititas phon kelapa genjah yang optimal, perlu didukung dengan teknik budi daya yang tepat

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/13/114525876/mengenal-ciri-kelapa-genjah-dan-kelebihannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke