Kompas.com - 07/08/2022, 19:17 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat musim kemarau tiba, petani biasanya akan menanam tanaman palawija. Tanaman ini cocok dibudidayakan saat kondisi iklim yang minim air.

Menurut keterangan dalam Jurnal ICT 17(1), palawija adalah tanaman semusim yang dibudidayakan di lahan kering serta tanah Latosol dengan kandungan pH sekitar 4,5 – 6,5 menyesuaikan jenis palawija yang ditanam.

Umumnya, tanaman palawija berupa kacang-kacangan, serealia selain padi, dan umbi-umbian semusim. Dikutip dalam buku Becocok Tanam Palawija, Minggu (7/8/2022), berikut jenis tanaman palawija yang biasa dibudidayakan petani.

Baca juga: Langkah Budidaya Tanaman Jagung agar Berbuah Banyak

Kacang hijau

Ilustrasi tanaman kacang hijauPEXELS/Karolina Grabowska Ilustrasi tanaman kacang hijau

Kacang hijau atau Vigna radiata termasuk tanaman palawija dari kelompok kacang-kacangan. Tanaman ini biasanya dibudidayakan di lahan tegalan dan sawah.

Kacang hijau memiliki beberapa keunggulan seperti tahan ditanam di lahan kering dan memiliki umur genjah (kurang-lebih 60 hari) sehingga lahan bisa cepat digunakan. 

Baca juga: Cara Menanam Kacang Hijau di Kapas agar Cepat Tumbuh

Tak hanya itu, produktivitas kacang hijau juga relatif tinggi. Hama dan penyakit yang menyerang pun relatif sedikit sehinga risiko gagal panennya sangat minim. 

Setelah dipanen, kacang hijau bisa dioleh menjadi beragam jenis makanan. Kandungan gizi dalam kacang hijau cukup lengkap, dari protein, karbohidrat, hingga vitamin A dan B.

Baca juga: 7 Cara Menanam Kacang Hijau di Lahan Kering

Kedelai

Selain kacang hijau, tanaman palawija lainnya adalah kacang kedelai. Tanaman dengan nama latin Glycine max ini berasal dari famili leguminose.

Kedelai biasanya dibudidayakan pada lahan di ketinggian 0-500 meter di atas permukaan laut (mdpl). Tanaman ini akan tumbuh dengan baik di lahan yang tidak terlalu basah, tapi airnya tetap tercukupi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.