Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Penyakit Tanaman Jagung yang Disebabkan Jamur, Bakteri, dan Virus

Kompas.com - 03/08/2022, 21:45 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyakit tanaman jagung bisa disebabkan beberapa jenis patogen, di antaranya jamur, bakteri, dan virus. Penyakit-penyakit tersebut memiliki gejala yang berbeda-beda.

Dikutip dari Balai Penelitian Tanaman Serealia, Kementerian Pertanian, Rabu (3/8/2022), ada beberapa penyakit yang biasanya muncul pada tanaman jagung seperti berikut. 

Baca juga: Catat, Ini Cara Menanam Jagung Manis agar Berbuah Besar dan Bebas Hama 

Penyakit tanaman jagung karena jamur

ilustrasi penyakit pada tanaman jagungpexels.com/Michael Fischer ilustrasi penyakit pada tanaman jagung

Jamur adalah tumbuhan tingkat rendah yang memiliki benang-benang sederhana tanpa klorofil. Jamur ada yang sifatnya merugikan dan menguntungkan.

Jamur yang merugikan bisa menyebabkan penyakit pada tanaman. Pada tanaman jagung, jamur bisa menyebabkan penyakit pada daun, batang, tongkol, biji, bibit, hingga menyerang pada fase pasca penen.

Adapun jenis-jenis penyakit pada tanaman jagung akibat jamur sebagai berikut. 

Baca juga: Langkah Budidaya Tanaman Jagung agar Berbuah Banyak

  • Hawar daun helminthosporium

Jenis penyakit jagung yang pertama adalah hawar daun helminthosporium. Penyakit ini disebabkan patogen Helminthosporium turcicum Pass. (tahap aseksual) dan Trichometasphaeria turcica Luttrell. (tahap seksual).

Penyakit ini awalnya menunjukan gejala seperti bercak kecil, oval, kebasahan, dan akan muncul bercak memanjang berbentuk elips. Setelah itu, gejala akan menjadi bercak kering yang meluas (hawar) berwarna hijau keabu-abuan atau coklat. 

Bercak tersebut pertama kali muncul pada daun yang sudah tua, kemudian menuju daun yang muda. Saat infeksinya berat, tanaman akan cepat mati dengan hawar berwarna abu-abu seperti terbakar atau kering.

Baca juga: Cara Mengendalian Hama Penggerek Batang Jagung yang Efektif

  • Bercak daun helminthosporium

Selain hawar daun, jenis penyakit tanaman jagung lainnya adalah bercak daun helminthosporium. Penyakit ini disebabkan jamur Helminthosporium maydis Nisik & Miy. T pada tahap aseksual dan Cochliobolus heterostropus Drechs pada tahap seksual.

Gejala penyakit ini meliputi terdapat bercak berwarna coklat kemerahan di sisi daun dengan penggiran bercak kuning tua sampai coklat. Bercak tersebut bisa memiliki ukuran kecil atau besar.

Baca juga: Cara Mengatasi Hama dan Penyakit Tanaman pada Jagung 

Penyakit tanaman jagung karena bakteri

ilustrasi penyakit pada tanaman jagungpixabay.com/jurajko ilustrasi penyakit pada tanaman jagung

Bakteri adalah mikroorganisme yang bisa menyebabkan penyakit pada tanaman. Beberapa penyakit tanaman jagung yang disebabkan bakteri. 

  • Penyakit bakteri bergaris

Gejala penyakit ini bisa dilihat dari daun. Pada bagian daun, akan terlihat bercak terang berwarna kuning sawo hingga pudar,  berminyak, memanjang sejajar sisi daun, dan terus memanjang sampai daun layu.

Patogen penyakit ini akan menyerang daun bagian bawah terlebih daulu, kemudian menjalar ke atas apabila keadaan cuaca baik untuk perkembangan patogen tersebut. Daun-daun di atas tongkol biasanya jarang terinfeksi. Akhirnya, bercak akan berubah menjadi coklat dan mengering. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Benih Jagung Manis Berkualitas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com