Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Tepung Jagung untuk Membersihkan Benda dan Area di Rumah

Kompas.com - 09/06/2022, 07:15 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Tepung maizena kerap digunakan untuk membuat kue dan bahan pengental makanan. 

Namun, tak sedikit yang mengabaikan penyimpanan tepung maizena. Tepung yang terbuat dari jagung ini sering disimpan di bagian belakang lemari dapur

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Oli pada Pakaian, Pakai Tepung Maizena 

Padahal, zat kental yang terkandung dalam tepung maizena memiliki banyak manfaat untuk membersihkan rumah.

Dilansir dari Express Daily UK, Kamis (9/6/2022), sama dengan baking soda, tepung maizena adalah bahan yang murah dan tidak berbahaya sehingga menjadikannya alternatif sempurna untuk banyak produk pembersih yang mahal serta berbahan kimia. 

Nah, berikut beberapa benda dan area yang dapat dibersihkan dengan tepung maizena. 

Baca juga: 9 Manfaat Tepung Maizena untuk Membersihkan Benda dan Area di Rumah 

Menyerap bau 

FOOD - ilustrasi tepung jagung, ilustrasi tepung maizena.SHUTTERSTOCK/Narsil FOOD - ilustrasi tepung jagung, ilustrasi tepung maizena.
Tepung maizena dapat menyerap bau pada kain kotor. Teksturnya yang lembut bisa ditaburkan di sol sepatu, karpet, bahkan di atas furnitur berlapis kain.

Cukup taburi tepung maizena di atas permukaan benda tersebut, biarkan semalaman, dan vakum keesokan paginya. Namun, jauhkan tepung dari hewan peliharaan dan anak kecil. 

Menghilangkan noda lemak membandel

Selanjutnya, manfaat tepung maizena adalah mampu menghilangkan noda lemak membandel.  Caranya, tuangkan tepung maizena di atas noda minyak pada karpet dan kain, lalu biarkan selama 15-20 menit.

Tepung halus ini akan menyerap minyak sekaligus menyegarkan permukaan tersebut. Setelah minyak terangkat, segera membersihkan sisa residu.  

Baca juga: 8 Kegunaan Tepung Maizena untuk Membersihkan Rumah

Semir kayu alami

Mengembalikan kilau alami furnitur kayu sering dilakukan dengan semir beraroma, tetapi ini dapat membuat permukaan terasa lengket dan tidak menyenangkan.

Sebagai gantinya, gunakan tepung maizena. Caranya, campurkan tepung jagung dan air dalam jumlah yans sama ke dalam botol semprot.

Setelah itu, semprotkan sedikit cairan itu pada furnitur kayu dan lap dengan kain mikrofiber. Kilau alami furnitur akan kembali dalam hitungan detik tanpa sisa lengket atau lilin yang tertinggal. 

Baca juga: 5 Manfaat Tepung Terigu untuk Membersihkan Perabot Dapur hingga Hama  

Membersihkan peralatan perak

Selain digunakan di ranah dapur, maizena bisa pula dimanfaatkan di berbagai kebutuhan rumah.Unsplash/Vlad Kutepov Selain digunakan di ranah dapur, maizena bisa pula dimanfaatkan di berbagai kebutuhan rumah.
Peralatan makan berbahan perak dapat terlihat usang jika dibiarkan mengumpulkan debu dan kotoran. Gunakan tepung maizena untuk mengembalikan kilau peralatan perak yang ternoda. 

Caranya, buat pasta campuran tepung maizena dan air, lalu gosokkan pasata ke peralatan perak dengan spons lembut atau kain mikrofiber.

Tepung jagung cukup abrasif untuk membersihkan peralatan makan tanpa meninggalkan goresan. Setelah peralatan kering, bersihkan pasta dan gosok hingga bersih untuk membuat peralatan perak berkilau. 

Baca juga: Mudah, 6 Cara Alami Membasmi Kutu Beras dan Kumbang Tepung di Dapur  

Membersihkan bahan kulit dan suede

Kulit dan suede adalah material halus yang mudah tergores atau rusak jika tidak dibersihkan dengan benar.

Untuk menghilangkan noda atau kotoran pada kedua material ini, taburkan sedikit tepung maizena yang terkena noda, lalu biarkan semalaman. Setelah itu, lap bersih dengan kain lembap dan biarkan mengering. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Express
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com