Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Terbaik dan Terburuk untuk Menyiram Tanaman?

Kompas.com - 26/07/2022, 11:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki tanaman hias, baik di dalam maupun di luar ruangan, berarti Anda juga harus menjaga tanaman tetap sehat dan terhidrasi. Ini tentu saja dilakukan dengan menyiram tanaman secara rutin.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa sebenarnya ada waktu terbaik untuk menyiram tanaman? Berikut penjelasan ahli berkebun terkait kapan harus menyiram tanaman, seperti dikutip dari Martha Stewart, Selasa (26/7/2022).

Waktu terbaik untuk menyiram tanaman dalam ruangan

Untuk tanaman dalam ruangan, menyiram tanaman di pagi hari adalah aturan praktis yang terbaik, terutama pada saat-saat terpanas dan tercerah sepanjang tahun.

Baca juga: 11 Tanaman Hias yang Menyukai Sinar Matahari Langsung

Ilustrasi menyiram tanaman di dalam pot. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi menyiram tanaman di dalam pot.

"Ini memberikan waktu yang cukup bagi air untuk menyerap ke dalam tanah untuk digunakan tanaman sebelum sinar matahari tengah hari," kata Kate Fergason dan Lila Sullivan, pendiri Flourish, merek yang membuat makanan nabati organik.

"Kami merekomendasikan mencoba yang terbaik untuk menghindari menyiram tanaman di malam hari karena Anda ingin beberapa penguapan terjadi untuk mencegah akar dari duduk di tanah yang terlalu lembap untuk waktu yang lama," saran mereka.

Jika Anda akhirnya melewatkan penyiraman rutin pagi hari, salah satu pendiri Flourish mengatakan, sesekali menyiram tanaman di malam hari atau "merendam" tanaman hias yang mudah dirawat seperti tanaman monstera di siang hari di hari yang panas tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan tanaman secara keseluruhan.

"Menjaga tanaman Anda disiram dengan tepat pada waktu yang sesuai dengan jadwal akan menjadi cara terbaik untuk merawat tanaman Anda," tutur mereka.

Baca juga: Antiribet, Ini 9 Tanaman Hias yang Bisa Ditanam Tanpa Tanah

"Kami banyak berbicara tentang perawatan tanaman intuitif, yang berarti mengambil isyarat dari tanaman Anda tentang kapan harus menyiram," imbuh mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com