Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tanaman Hias Indoor yang Dapat Menurunkan Radiasi

Kompas.com - 16/07/2022, 19:34 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perangkat gawai modern seperti ponsel, router wifi, dan lainnya memancarkan radiasi sepanjang waktu di dalam rumah. Radiasi ini berpotensi berbahaya bagi kesehatan keluarga Anda dalam jangka panjang.

Untuk mengurangi radiasi di dalam rumah, Anda dapat menanam tanaman dalam ruangan alias tanaman hias indoor yang mampu mengurangi radiasi dan meminimalkan paparan gelombang elektromagnetik berbahaya.

Dilansir Balcony Garden Web, Sabtu (16/7/2022), berikut beberapa tanaman hias indoor yang dapat menurunkan radiasi.

Baca juga: 12 Tanaman Hias Kecil yang Cocok Jadi Dekorasi Rumah

Ilustrasi tanaman lidah buaya jenis Aloe brevifolia.PIXABAY/ABEL DOMINGUEZ Ilustrasi tanaman lidah buaya jenis Aloe brevifolia.

1. Lidah buaya (Aloe barbadensis miller)

Lidah buaya memiliki khasiat yang tak ada habisnya mulai dari mengobati masalah yang berhubungan dengan kulit hingga masalah rambut dan banyak kegunaan obat.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Radiation Oncology Department, Cancer Institute, Tehran, tanaman ini juga terampil dalam menyerap radiasi.

2. Tanaman laba-laba atau spider plant (Chlorophytum comosum)

Para peneliti dari Departemen Biokimia di Graduate Institute of Basic Medical Sciencesdi Kolkata, India, menemukan dalam sebuah penelitian bahwa tanaman laba-laba menyerap radiasi medan elektromagnetik (EMF) dan berbagai gas berbahaya seperti asam format dan aldehida.

3. Pakis asparagus (Asparagus aethiopicus)

Sebuah studi bertajuk Medicinal Properties of Selected Asparagus Species menyatakan bahwa tanaman cenderung menyerap radiasi gamma.

Baca juga: Cara Mengusir Semut pada Tanaman Hias

Tanaman cantik ini juga sangat baik dalam menyerap radiasi non-pengion dengan pasangan akar dan daunnya yang tebal dan memiliki potensi luar biasa untuk meningkatkan kesehatan manusia dalam jangka waktu yang lama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com