Kompas.com - 05/07/2022, 12:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika sedang hujan, akan terjadi kelembapan di dalam rumah. Terlebih ketika frekuensi hujan yang terus-menerus, akan menyebabkan peningkatan dalam kelembapan yang bisa memberikan dampak negatif pada penghuni rumah.

Untuk menghilangkan kelembapan udara di dalam rumah, Anda dapat menggunakan dehumidifier.  

Dilansir dari Better Homes and Gardens Australia, Selasa (5/7/2022), sebelum Anda terburu-buru untuk membeli dehumidifier yang dijual di toko, Anda bisa mencoba beberapa opsi dehumidifier sederhana buatan sendiri terlebih dahulu, antara lain sebagai berikut. 

Baca juga: 6 Penyebab Udara di Dalam Ruangan Kotor

Ilustrasi silica gel. SHUTTERSTOCK/JAKKRIT PIMPRU Ilustrasi silica gel.

1. Gunakan silica gel

Jangan membuang paket silica gel yang sering ada di kemasan barang yang Anda beli. Sebagai gantinya, gunakan untuk membuat dehumidifier sendiri.

Ambil wadah plastik dan buat beberapa lubang di tutupnya, kemudian tambahkan sachet silica gel dan letakkan wadah di tempat yang Anda butuhkan. Pastikan saja itu jauh dari jangkauan anak kecil dan hewan peliharaan.

2. Dehumidifier garam batu

Garam batu adalah pilihan bagus dan murah lainnya untuk menghilangkan kelembapan dari udara. Untuk membuat dehumidifier garam batu, Anda membutuhkan garam batu dan dua ember.

Buat beberapa lubang di ember pertama dan letakkan di dalam ember kedua Anda. Selanjutnya, isi ember atas dengan garam. Pastikan Anda mengosongkan ember luar saat terisi cairan.

Baca juga: Atasi Kualitas Udara Buruk, ACE Hadirkan Ragam Produk Air Purifier

3. Soda kue

Meskipun ini hanya akan bekerja di ruangan sempit, seperti bagian atas lemari pakaian, ini adalah pilihan yang baik untuk menghilangkan kelembapan di area tersebut.

Cukup masukkan soda kue ke dalam mangkuk kecil dan taruh di area yang ingin Anda kurangi kelembapannya. Anda harus terus mengganti soda kue. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.