Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/06/2022, 07:48 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak noda yang bisa mengotori teras beton seperti lalu lintas pejalan kaki serta paparan langsung cuaca di luar ruangan

Namun, dengan pembersihan dan pemeliharaan rutin, dapat mengembalikan tampilan teras beton serta memastikannya terlihat indah selama bertahun-tahun mendatang.

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Rabu (29/6/2022), berikut cara mudah membersihkan berbagai noda dari teras beton.  

Baca juga: 5 Cara Menghadirkan Feng Shui Baik di Teras Rumah 

Kotoran dan puing-puing 

Ilustrasi teras, ilustrasi karpet, ilustrasi halaman, ilustrasi karpet outdoor, ilustrasi furnitur outdoor.SHUTTERSTOCK / Artazum Ilustrasi teras, ilustrasi karpet, ilustrasi halaman, ilustrasi karpet outdoor, ilustrasi furnitur outdoor.
Singkirkan semua perabotan, pemanggang, atau peralatan kebun dari teras untuk membuat seluruh permukaannya terlihat.

Setelah itu, bersihkan kotoran, serpihan, atau daun yang berguguran dan tutupi tanaman atau lansekap terdekat dengan terpal untuk perlindungan.  

Baca juga: Simak, Ini Cara Membasmi Jamur pada Teras Rumah 

Noda air 

Untuk menghilangkan noda air, jamur, dan lumut, gunakan selang taman atau mesin air bertekanan untuk menghilangkan noda air atau jamur.

Jika tidak berhasil, campurkan larutan 3/4 cangkir pemutih dan 3,5 liter air, lalu bilas secara menyeluruh dengan air bersih.

Pastikan teras benar-benar mengering sebelum meletakkan barang-barang dekoratif atau furnitur kembali ke tempatnya. 

Baca juga: 8 Kegunaan Petroleum Jelly di Teras dan Halaman Rumah 

Noda minyak dan lemak 

Taburkan serbuk gergaji, tepung maizena, atau baking soda pada noda untuk menyerap tumpahan.

Bisa pula mecampurkan baking soda dengan sedikit air untuk membuat pasta pembersih, kemudian oleskan secara perlahan pada noda, dan biarkan selama 30-60 menit sebelum dibersihkan. 

Namun, perlu diingat, beton memiliki permukaan yang berpori. Jika noda minyak sudah lama, mungkin sudah menembus permukaan.

Coba gunakan degreaser untuk menghilangkan noda minyak lama dari teras beton dengan mengikuti instruksi dari pabriknya. 

Baca juga: 5 Tips Menyegarkan Tampilan Teras Rumah agar Tampak Rapi dan Menarik 

Noda karat 

Ilustrasi teras rumah, ilustasi area pintu masuk rumah.SHUTTERSTOCK / Christopher Edwin Nuzzaco Ilustrasi teras rumah, ilustasi area pintu masuk rumah.
Cuka putih adalah cara praktis dan ramah lingkungan untuk menghilangkan noda karat dari teras beton. Semprotkan langsung cuka putih ke noda, biarkan selama kurang dari satu jam untuk menembus noda, lalu gosok noda dengan sikat berbulu kaku.

Jika beton dibuat terlihat seperti batu atau dirancang dengan butiran, cobalah menyikatnya sesuai dengan permukaan aslinya untuk menghindari goresan yang tidak sedap dipandang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com