Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Cara Membasmi Jamur pada Teras Rumah

Kompas.com - 10/06/2022, 21:45 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jamur dapat muncul di mana saja, termasuk teras rumah. Permukaan yang hangat, lembap, dan berpori adalah lingkungan sempurnan untuk jamur tumbuh. 

Bahkan, saat jamur menemukan tempat di rumah Anda, hanya butuh 48 jam untuk jamur berkembang. Meski tidak akan benar-benar merusak teras, kemunculan jamur tetap saja tidak sedap dipandang. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur di Furnitur

Bagi sebagian orang yang alergi terhadap jamur, hal ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan sehingga harus segera menyingkirkannya. 

Namun, menggunakan bahan kimia keras atau pemutih yang sering digunakan untuk membersihkan jamur di dalam rumah dapat beracun bagi lingkungan.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Jumat (10/6/2022), berikut cara alami membasmi jamur di teras rumah. 

Baca juga: 3 Hal yang Menandakan Adanya Jamur di Rumah dan Cara Membasminya

Menghilangkan jamur secara umum 

Ilustrasi jamur di rumah. Shutterstock/Yavdat Ilustrasi jamur di rumah.
1. Bersihkan area berjamur yang terdapat pada teras. Angkat semua perlengkapan dan dekorasi. Pisah barang-barang bila ada yang terkena jamur.

2. Ukur dan tuangkan setengah hingga satu cangkir boraks ke dalam 10 liter air panas, lalu tambahkan lima liter air sangat hangat, aduk sedikit untuk mendorong boraks larut.

Jumlah air ini cukup untuk merawat teras seluas sekitar sembilan meter persegi. Tambah atau kurangi jumlah resep untuk area yang lebih besar atau kecil. 

Baca juga: Cara Membersihkan Jamur dari Kabinet Dapur 

3. Semprotkan teras menggunakan air keran dan selang taman sampai seluruh area sedikit basah. Ini meredam spora jamur, mencegahnya lepas, dan terbang selama perawatan.

Selain itu, rendam rumput dan tanaman di sekitarnya secara menyeluruh. Penyiraman yang dalam dan padat membantu menghidrasi tanaman, mencegahnya menyerap terlalu banyak boraks.

Namun, hindari menggunakan boraks terlalu banyak karena mengandung boron yang dapat beracun bagi tumbuh-tumbuhan. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Jamur Lendir yang Menyumbat Wastafel 

4. Celupkan sikat berbulu kaku ke dalam larutan boraks dan gosok permukaan teras. Biarkan air melapisi teras saat melanjutkan dari satu bagian ke bagian berikutnya. Sifat boraks yang abrasif dapat bekerja hingga ke celah-celah kecil dan pori-pori batu.

5. Biarkan larutan boraks mengedap pada teras setidaknya selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air keran setelahnya, lalu bersihkan area tersebut saat Anda menyemprot untuk memasukkan air bilasan ke dalam pori-pori batu.

6. Basahi rumput dan tanaman di sekitarnya kembali untuk membantu mengencerkan boraks yang tertinggal pada tanah. 

Baca juga: 8 Kegunaan Petroleum Jelly di Teras dan Halaman Rumah

Menghapus noda jamur 

Ilustrasi jamur hitam, ilustrasi membasmi jamur.Shutterstock/Burdun Iliya Ilustrasi jamur hitam, ilustrasi membasmi jamur.
1. Tuang setengah cangkir boraks ke dalam mangkuk, lalu tambahkan air secukupnya untuk membuat pasta. Anda bisa menambhakan tepung dan air atau kapur sirih dan hidrogen peroksida untuk menciptakan solusi yang lebih kuat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com