Kompas.com - 31/05/2022, 09:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam kondisi lembap, jamur dan lumut dapat tumbuh subur di furnitur berbahan kulit, kayu, dan furnitur berlapis kain.

Seiring waktu, jamur ini dapat mengurangi nilai estetika furnitur dan mengeluarkan bau apek yang tidak menyenangkan. Membersihkan dan mencegah pertumbuhan jamur dan lumut akan menghilangkan masalah ini, serta melindungi keluarga Anda dari alergen berbahaya.

Dilansir Home Guides SF Gate, Selasa (31/5/2022), berikut cara mengatasi jamur pada furnitur kayu dan bahan lainnya di rumah.

Baca juga: Bahaya Jamur di Mesin Cuci dan Cara Menghilangkannya

Ilustrasi furnitur kayu. PEXELS/CURTIS ADAMS Ilustrasi furnitur kayu.

1. Identifikasi sumber jamur

Periksa rumah Anda untuk menentukan faktor apa yang berkontribusi terhadap pertumbuhan jamur dan lumut. 

Jika Anda baru saja mengeluarkan furnitur dari penyimpanan, Anda dapat berasumsi bahwa berada di ruang tertutup dan lembap menyebabkan pertumbuhan jamur. 

Namun, jika furnitur mulai menumbuhkan jamur di ruang tamu Anda, Anda harus memeriksa langit-langit, jendela, dan papan lantai dari retakan dan kebocoran yang mungkin menyebabkan kelembapan pada furnitur.

Jika perlu, sewalah layanan perbaikan rumah untuk mengisi celah dan mencegah kerusakan di kemudian hari.

Baca juga: Siramkan 3 Bahan Ini agar Aglonema Bebas Jamur dan Berakar Gondrong

2. Panas dan dingin

Dalam beberapa kasus, jamur dan lumut dapat tumbuh karena suhu udara yang tidak seragam. Ketika udara panas dan dingin bertemu, mereka menyebabkan partikel air mengembun di permukaan furnitur, berkontribusi pada pertumbuhan jamur dan lumut. 

Masalah ini sulit dideteksi, jadi pertimbangkan untuk menyewa ahli ventilasi rumah untuk menilai suhu rumah Anda dan menawarkan solusi potensial. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.