Kompas.com - 06/05/2022, 15:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jamur dapat tumbuh di berbagai area di rumah selama ada kelembapan. Bahkan jamur bisa tumbuh di tempat yang tidak terlihat dan tidak pernah terpikirkan untuk dibersihkan.  

Kemunculan jamur di rumah tidak hanya membuat tampilan rumah tampak buruk, tidak terawat, dan tidak nyaman, tetapi juga membahayakan kesehatan seperti menyebabkan hidung tersumbat, iritasi tenggorokan, batuk, iritasi kulit, juga iritasi mata.  

 

Baca juga: Hati-hati, Ini 6 Area Persembunyian Jamur di Rumah

Namun, Kenneth Bock, dokter kedokteran fungsional di Red Hook, New York, Amerika Serikat, keberadaan jamur di rumah ini bisa sulit dikenali serta dihilangkan, terutama ketika berada di tempat yang tidak terlihat. 

Untuk mengetahuinya, Bock membagikan tiga hal yang menandakan jamur muncul di rumah dan cara membasminya dilansir dari Mind Body Green, Jumat (6/5/2022).  

Baca juga: 4 Tips Menghilangkan dan Mencegah Jamur pada Pakaian

Gejala yang tidak dapat dijelaskan

Ilustrasi jamur hitam pada sudut dinding.SHUTTERSTOCK/BURDUN ILLIYA Ilustrasi jamur hitam pada sudut dinding.
Bock mengatakan bahwa jamur dapat menyebabkan berbagai gejala yang tidak dapat dijelaskan oleh tes seperti pusing, kepala terasa ringan, kabut otak, dan ruam.

Bock menambahkan, jamur juga dapat memperburuk masalah pernapasan seperti asma serta alergi.

"Ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan dari jamur yang tidak dapat dijelaskan dan ketika (tes) lain dilakukan, mereka tidak menemukannya," katanya. 

Baca juga: Cara Membersihkan dan Mencegah Jamur pada Dinding Rumah 

Kebocoran yang tidak mencolok

Bock menjelaskan, jika mengalami kebocoran di rumah baru-baru ini, itu adalah tanda bahwa jamur mungkin telah terbentuk.

Jadi, pastikan memeriksa area jamur yang dilewati air, dari ruang bawah tanah hingga kamar mandi. Bahkan kondensasi di sekitar jendela dapat menyebabkan jamur tumbuh di sekitar ambang jendela.

"Beberapa orang tahu bahwa mereka mengalami kebocoran, tetapi tidak pernah memikirkan jamur. Hal-hal seperti ruang bawah tanah yang lembap juga merupakan penyebab umum," imbuhnya. 

Baca juga: 3 Cara Mencegah Pertumbuhan Jamur pada Lemari Pakaian 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.