Kompas.com - 28/06/2022, 14:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna tidak hanya mempercantik ruangan, tetapi juga memberikan ketenangan. Hal ini pun dibuktikan oleh sains bahwa melihat beberapa warna dapat membuat seseorang rileks.

Dilansir dari Times of India, Selasa (28/6/2022), warna memiliki dampak sangat besar pada seseorang, baik secara emosional maupun fisik. 

Baca juga: 8 Ide Warna Pastel untuk Dinding Rumah, Beri Nuansa Tenang dan Cantik

Misalnya, merah cenderung memicu respons stres dan membuat lebih cemas, sementara warna yang lebih terang dapat menenangkan. Bahkan warna dapat digunakan sebagai alat untuk memanajemen stres.

Nah, berikut beberapa warna yang dapat memberi ketenangan dan mengusir stres. 

Biru

Ilustrasi kamar tidur anak laki-laki. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kamar tidur anak laki-laki.
Biru dikenal sebagai warna yang damai, tenang, lembut, dan memiliki kekuatan luar biasa untuk mengelola stres.

Biru juga menjadi warna yang membantu menenangkan pikiran, memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, mengurangi kecemasan, serta dipercaya memiliki efek mendinginkan dan astringen. Tak heran, biru sering digunakan untuk kamar tidur

Baca juga: 5 Warna Cat Terbaik untuk Meningkatkan Nilai Jual Rumah

Hijau

Hijau adalah warna yang tenang dan terindah karena melambangkan alam serta menarik perasaan harmonis yang dapat meredakan kecemasan dan membantu tetap tenang.

Hijau krem dan hijau kuning pucat adalah warna yang paling mengurangi stres dalam keluarga hijau. 

Merah muda

Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa warna merah muda atau pink. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EU Ilustrasi ruang tamu dengan nuansa warna merah muda atau pink.
Merah muda atau pink mempromosikan ketenangan dan kedamaian. Feng shui mempercayai bahwa pink adalah warna menenangkan berbagai energi di ruangan dan membuatnya tetap rendah hati. Kedamaian itu meningkatkan keseimbangan energi.

Meski dianggap sebagai warna feminin dan banyak digunakan di kamar tidur anak perempuan, merah muda sebetulnya dapat terlihat cantik di hampir semua ruangan.  

Baca juga: 3 Warna Cat Ini Dapat Meningkatkan Nilai Jual Rumah

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.