Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mengubah Taman Belakang Rumah Menjadi Tempat Relaksasi

Kompas.com - 26/06/2022, 09:06 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman atau halaman belakang rumah sering kali menjadi tempat untuk duduk dan bersantai setelah menjalani hari yang panjang.

Ini merupakan lokasi sempurna untuk menghabiskan waktu karena menawarkan pemandangan luar ruangan serta mampu menghilangkan penat. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Taman Belakang Rumah Lebih Privasi

Akan tetapi, tampilan taman belakang yang tidak menarik dan memiliki fitur-fitur relaksasi kurang efektif memberi ketenangan dan hiburan.

Karena itu, perlu memodifikasi atau mengubah taman belakang menjadi oasis luar ruangan yang mengundang kedamaian dan ketenangan ke dalam hidup Anda. 

Dikutip dari My Decorative, Minggu (26/6/2022), berikut empat cara mengubah taman belakang rumah menjadi tempat relaksasi yang menyenangkan. 

Baca juga: 4 Cara Membuat Taman di Apartemen Studio

Tambahkan kolam renang 

Ilustrasi kolam renang di tamanUnsplash/DaYsO Ilustrasi kolam renang di taman
Bila taman belakang rumah memiliki area cukup luas, cobalah menambahkan kolam renang. Fitur satu ini tidak hanya memberi hiburan, tetapi juga menjadi tempat menenangkan pada hari-hari terpanas serta tempat berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. 

Namun, bila sudah memiliki kolam renang, perbarui tampilannya serta rutin membersihkan dan melakukan pemeliharaan. 

Baca juga: Cara Menanam Bunga Calla Lily di Taman agar Tumbuh Mekar

Tanam tanaman bunga dan semak

Tanaman dan bunga memberi tampilan yang indah dan memanjakan mata saat dilihat. Ketinggian semak yang tepat juga memberi privasi tambahan. 

Dengan begitu, memberi ketenangan bersantai serta tidak ada yang bisa melihat dan mengganggu kedamaian Anda saat berada di taman, entah itu berenang, berkebun, maupun bermain bola dengan anak-anak.

Tak hanya itu, keberadaan tanaman juga meningkatkan tampilan dan daya tarik halaman belakang. 

Baca juga: 5 Tips Membersihkan Taman untuk Acara BBQ Musim Panas

Berinvestasi pada patio

Ilustrasi taman; halaman belakang rumah, pencahayaan di halaman belakang rumah, Ilustrasi patio.Unsplash/Randy Fath Ilustrasi taman; halaman belakang rumah, pencahayaan di halaman belakang rumah, Ilustrasi patio.
Patio merupakan halaman atau taman yang berada di belakang rumah. Ini tidak hanya menjadi tempat duduk dan bersantai, tetapi juga ruang tamu tambahan di luar ruangan.

Dengan membuat patio, membuat Anda menikmati aktivitas favorit tanpa hambatan serta menyediakan ruang pribadi untuk mengerjakan proyek kreatif atau menghabiskan sedikit waktu sendiri untuk ketenangan. 

Baca juga: 7 Tips Menghias Patio dengan Tanaman Hias, Apa Saja? 

Buat area barbecue 

Taman rumah tanpa area barbecue rasanya kurang lengkap. Ciptakan area barbecue yang menyenangkan bersama keluarga.  

Siapkan furnitur luar ruangan yang berkualitas, letakkan meja dan peralatan barbecue, dan nikmati waktu bersama keluarga tanpa TV, telepon, dan video game agar tidak mengganggu pengalaman berkumpul. 

Masak atau panggang semua masakan bersama anggota keluarga. Cara ini juga bisa mengakrabkan hubungan keluarga. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com