Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/05/2022, 08:22 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Apartemen studio memiliki ruang yang terbatas dan sering kali sulit memilik banyak barang dan melakukan hobi seperti berkebun.

Tak heran, apartemen studio atau kecil kerap disebut sebagai kutukan bagi pencinta alam. Lebih sedikit ruang yang dimiliki, berarti mengorbankan hobi favorit untuk merawat tanaman serta memiliki taman

Baca juga: 7 Tanaman Hias Terbaik yang Cocok Dipelihara di Apartemen

Selain itu, sebagian besar apartemen tidak memiliki cukup sinar matahari dan udara, yang merupakan dua sumber daya penting yang dibutuhkan tanaman.

Namun, dengan beberapa pemikiran dan penataan strategis, Anda dapat merawat tanaman hias serta masih memiliki cukup ruang untuk bergerak di apartemen studio

Dilansir dari My Decorative, Selasa (31/5/2022), berikut trik membuat taman di apartemen studio. 

Baca juga: Pertimbangkan 8 Hal Ini Sebelum Membeli Apartemen

Taman ambang jendela 

Ilustrasi balkon rumah, Ilustrasi tempat tidur gantung di balkon. Shutterstock/Aga Murawska Ilustrasi balkon rumah, Ilustrasi tempat tidur gantung di balkon.
Kusen jendela adalah tempat yang tepat untuk menunjukkan tanaman hijau di apartemen kecil. Anda bisa menggantung atau mengaitkan pot tanaman ke ambang jendela.

Dengan cara ini, ruangan tidak hanya lebih hijau, tetapi juga tertata cantik. Pastikan memilih ambang jendela yang menerima cukup sinar matahari dan udara. Atau menanam tanaman hias yang membutuhkan lebih sedikit sinar matahari. 

Kusen jendela yang sempurna untuk meletakkan tanaman adalah terletak di dekat balkon. Ini bisa menjadi tempat menikmati pemandangan taman setiap kali Anda duduk di sana. 

Baca juga: 8 Ide Mendekorasi Balkon yang Nyaman dan Menyenangkan 

Taman vertikal

Ini adalah jenis taman paling populer yang sering diterapkan di apartemen dengan balkon kecil. Lantaran tidak dapat menggunakan semua ruang balkon untuk meletakkan tanaman pot di lantai, sebaiknya gunakan ruang vertikal pada dinding.

Jika memiliki dinding yang terlihat polos, Anda dapat mengubahnya menjadi taman vertikal kecil dengan menggantungkan pot serta tanaman bunga di semua dinding.

Selain efektif menghemat air di kebun, taman vertikal bisa menjadi dekorasi yang cantik di balkon. 

Baca juga: 7 Ide Memaksimalkan Tata Letak di Apartemen Studio agar Tampak Besar

Taman gantung 

Ilustrasi berkebun di balkon apartemen.SHUTTERSTOCK/Sarycheva Olesia Ilustrasi berkebun di balkon apartemen.
Jika merasa taman vertikal tidak cocok dengan Anda, cobalah menggantung tanaman pada pagar yang ada di balkon. Pilih pot yang memiliki tampilan cantik untuk meningkatkan estetika balkon.

Anda bisa menanam tanaman daun, tanaman bunga, dan tanaman herbal untuk membuat  balkon terlihat indah serta hijau.

Ketika telah menanam beberapa pot, Anda mendapatkan sebuah taman kecil yang dapat dinikmati untuk merawatnya. 

Baca juga: 6 Cara Mudah Memaksimalkan Ruang di Apartemen Studio 

Gantung tanaman di tempat cerah atau ruang berjemur 

Beberapa apartemen tidak memiliki balkon. Sebaliknya, memiliki ruang hampa di tengah gedung apartemen dan itu adalah tempat yang menerima banyak sinar matahari.

Anda bisa memanfaatkan ruang ini dengan cara menggantung tanaman menggunakan dengan tali panjang. Itu akan seperti lentera hijau ajaib yang tergantung dari atas.

Semua orang bisa menikmati melihat tanaman menggantung dan bisa merawatnya dengan menyiramnya setiap hari.

Jika tinggal di gedung apartemen dengan semua penghuninya mendukung berkebun, itu ide sempurna untuk membuat bangunan hijau dan hidup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com