Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Area Rumah yang Sebaiknya Direnovasi Menurut Desainer Interior

Kompas.com - 07/06/2022, 07:12 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Renovasi yang tepat tidak hanya membuat ruangan lebih nyaman untuk ditinggali, tetapi juga dapat meningkatkan nilai keseluruhan pada rumah.

"Secara umum, memperbarui area rumah yang sudah usang dapat meningkatkan nilai jual rumah kembali," kata desainer interior, Ariel Okin, dilansir dari Martha Stewart, Selasa, (7/6/2022). 

Baca juga: Feng Shui: 4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Renovasi Rumah 

Jean Brownhill, ahli renovasi rumah, mengatakan penting untuk fokus pada ruang yang sering digunakan, baik merenovasi satu ruangan atau mempertimbangkan perubahan tata letak dalam skala yang lebih besar. 

Renovasi ini tidak hanya meningkatkan kualitas pengalaman, tetapi juga berada di urutan teratas daftar laba atas investasi.

Berikut beberapa area rumah yang disarankan untuk direnovasi menurut para ahli. 

Baca juga: 4 Ide Menciptakan Tampilan Dapur Mewah Tanpa Renovasi Besar-besaran 

Perbarui kamar mandi 

Ilustrasi kamar mandi, ilustrasi skylight.SHUTTERSTOCK / Artazum Ilustrasi kamar mandi, ilustrasi skylight.
Untuk renovasi yang mudah dan berdampak tinggi membuat rumah lebih menarik, Linda Allen, desainer interior dari Linda Allen Designs, merekomendasikan memperbarui kamar mandi yang sudah ketinggalan zaman.

"Kamar mandi menambah nilai karena adalah ruangan pertama yang Anda kunjungi pada pagi hari dan ruang terakhir yang dikunjungi pada malam hari," jelasnya.

Jika tidak memiliki anggaran untuk merombak seluruh kamar mandi, Brownhill mengatakan untuk fokus pada area yang paling sering mengalami kerusakan.

"Untuk barang-barang dengan sentuhan tinggi, fokuslah pada bahan yang Anda sukai seperti ubin lantai dan perlengkapannya," sarannya. 

Baca juga: 8 Tips Mudah Menciptakan Kamar Mandi Bergaya Minimalis  

Tingkatkan dapur dengan peralatan dan sentuhan modern

Menurut desainer, Allison Petty dari Hyphen & Co, merenovasi dapur tertentu dapat berdampak besar pada nilai rumah.

"Lemari khusus sangat membantu penjualan rumah, terutama jika laci dan sisipan kabinet telah dirancang untuk membantu pengorganisasian," katanya.

Selain itu, coba meningkatkan peralatan Anda karena orang akan tertarik pada dapur dengan peralatan kelas atas, ditambah mendapatkan manfaat dari menggunakannya.

Untuk upgrade dapur berbiaya rendah yang akan meninggalkan kesan abadi, Okin menyarankan memperbarui backsplash atau countertops dengan bahan atau sentuhan akhir yang segar.

"Dapur adalah jantung dari rumah dan membuatnya se-up-to-date dan seindah mungkin dapat membantu Anda dalam jangka panjang," ujarnya. 

Baca juga: Simak, Ini 5 Cara Menghemat Biaya Renovasi Rumah 

Renovasi area yang kurang dimanfaatkan di rumah 

Ilustrasi merenovasi rumahSHUTTERSTOCK/r.classen Ilustrasi merenovasi rumah
Jika memiliki ruang bawah tanah atau loteng yang belum selesai, Brownhill mengatakan mengubahnya menjadi ruang yang layak huni sehingga dapat menghasilkan banyak uang dalam jangka panjang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com