Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Area Rumah yang Sebaiknya Direnovasi Menurut Desainer Interior

"Secara umum, memperbarui area rumah yang sudah usang dapat meningkatkan nilai jual rumah kembali," kata desainer interior, Ariel Okin, dilansir dari Martha Stewart, Selasa, (7/6/2022). 

Jean Brownhill, ahli renovasi rumah, mengatakan penting untuk fokus pada ruang yang sering digunakan, baik merenovasi satu ruangan atau mempertimbangkan perubahan tata letak dalam skala yang lebih besar. 

Renovasi ini tidak hanya meningkatkan kualitas pengalaman, tetapi juga berada di urutan teratas daftar laba atas investasi.

Berikut beberapa area rumah yang disarankan untuk direnovasi menurut para ahli. 

"Kamar mandi menambah nilai karena adalah ruangan pertama yang Anda kunjungi pada pagi hari dan ruang terakhir yang dikunjungi pada malam hari," jelasnya.

Jika tidak memiliki anggaran untuk merombak seluruh kamar mandi, Brownhill mengatakan untuk fokus pada area yang paling sering mengalami kerusakan.

"Untuk barang-barang dengan sentuhan tinggi, fokuslah pada bahan yang Anda sukai seperti ubin lantai dan perlengkapannya," sarannya. 

Tingkatkan dapur dengan peralatan dan sentuhan modern

Menurut desainer, Allison Petty dari Hyphen & Co, merenovasi dapur tertentu dapat berdampak besar pada nilai rumah.

"Lemari khusus sangat membantu penjualan rumah, terutama jika laci dan sisipan kabinet telah dirancang untuk membantu pengorganisasian," katanya.

Selain itu, coba meningkatkan peralatan Anda karena orang akan tertarik pada dapur dengan peralatan kelas atas, ditambah mendapatkan manfaat dari menggunakannya.

Untuk upgrade dapur berbiaya rendah yang akan meninggalkan kesan abadi, Okin menyarankan memperbarui backsplash atau countertops dengan bahan atau sentuhan akhir yang segar.

"Dapur adalah jantung dari rumah dan membuatnya se-up-to-date dan seindah mungkin dapat membantu Anda dalam jangka panjang," ujarnya. 

"Mengubah ruang yang kurang dimanfaatkan seperti loteng atau ruang bawah tanah menjadi ruang kerja, kamar tidur tambahan, atau ruang bermain adalah cara bagus menambahkan luas persegi ke rumah tanpa memperbesar tapak yang sebenarnya," jelasnya.

Buat oasis luar ruangan

Desainer Penny Francis dan Casi St. Julian dari Eclectic Home percaya bahwa berinvestasi di ruang luar rumah sama bermanfaatnya dengan renovasi interior.

"Ruang luar lebih penting dari sebelumnya untuk kesejahteraan emosional dan kesehatan keluarga," imbuh St. Julian.

Menciptakan ruang luar untuk makan, hiburan, relaksasi, dan bermain dapat memberikan manfaat emosional yang memiliki nilai jauh lebih besar daripada investasi finansial yang dilakukan. 

Dengan mendesain area yang berfungsi sebagai ruangan di luar rumah, Christina Roughan, desainer interior dari Roughan Interiors, mengatakan pada dasarnya Anda dapat menciptakan ruang tamu tambahan.

"Pertimbangkan menambahkan teras atau menyelesaikan renovasi teras yang memungkinkan furnitur luar ruangan dan pencahayaan sekitar," katanya.

Dengan cara ini, Anda dapat membuat oasis luar ruangan yang terasa seperti perpanjangan dari rumah. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/07/071200576/4-area-rumah-yang-sebaiknya-direnovasi-menurut-desainer-interior-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke