Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Renovasi Dapur Kecil agar Nyaman dan Terasa Luas

Kompas.com - 01/02/2022, 08:27 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Merenovasi dapur kecil bisa menjadi tantangan. Namun, dengan tips, keahlian, dan inspirasi yang tepat, Anda dapat memastikan dapur kecil terasa luas, praktis, dan terlihat indah.

Baik Anda memulai dari awal di bagian baru rumah atau merombak dapur kecil yang sudah ada, Anda akan menemukan banyak inspirasi.

Dilansir dari Homes & Gardens, Selasa (1/2/2022), berikut beberapa ide renovasi dapur kecil agar nyaman dan terasa lebih luas yang dapat menjadi inspirasi Anda.

Baca juga: 7 Peralatan Dapur Ini Ternyata Lebih Kotor dari Toilet, Apa Saja?

Ilustrasi rumah kecil, ruang kecil, dapur kecilSHUTTERSTOCK/Cinematographer Ilustrasi rumah kecil, ruang kecil, dapur kecil

1. Batasi kabinet dapur hanya pada satu sisi dinding

Irene Gunter, desainer interior dan salah satu pendiri Gunter & Co, yang menyarankan untuk menghindari penggunaan lemari dapur atau kabinet dapur yang digantung di dinding di kedua sisi karena dapat membuat Anda merasa seperti dinding akan runtuh.

"Sebagai gantinya, cobalah memanfaatkan rak terbuka atau hanya memiliki lemari yang digantung di dinding di satu sisi. Dapur sempit sebenarnya sangat fungsional karena sangat mudah digunakan dan Anda akhirnya memiliki banyak permukaan kerja yang dapat digunakan," kata Gunter.

2. Gunakan meja dapur yang tidak memiliki sudut tajam

Ide meja dapur yang cerdas adalah suatu keharusan saat merenovasi dapur kecil. Tina Schnabel, desainer interior di BarlisWedlick menyarankan untuk menggunakan meja dapur dengan sudut yang tidak tajam, yakni bulat.

"Kami membulatkan sudut luar meja dapur untuk memberikan lebih banyak ruang bebas dan sirkulasi melalui dapur. Ini juga menciptakan elemen desain yang bagus, mencerminkan sudut membulat di meja," jelas dia.

Baca juga: Ingat, Ini 5 Hal yang Harus Dihindari Saat Merenovasi Dapur

3. Gunakan warna untuk menegaskan area utama dan mencerahkan dapur kecil

Ide warna harus menempati urutan teratas dalam daftar ide renovasi untuk dapur kecil. Ide tersebut dapat memperkenalkan kepribadian, tetapi juga memantulkan cahaya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com