Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/06/2022, 21:50 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya desain, material juga menjadi hal yang harus dipertimbangkan saat memilih furnitur untuk rumah

Bagi mereka yang ingin menampilkan nuansa hangat di rumah, biasanya akan memilih furnitur berbahan dasar kayu

Baca juga: Feng Shui: 6 Tata Letak Furnitur yang Tepat agar Tidur Lebih Nyenyak

Akan tetapi, bagi pemilik rumah yang memiliki anggaran terbatas, tetapi masih ingin menampilkan nuansa hangat di dalam ruangan, furnitur high pressure laminate (HPL) bisa menjadi pilihan alternatif. 

HPL adalah bahan pelapis yang digunakan pada lapisan teratas atau finishing pada furnitur berbahan kayu sehingga menampilkan tampilan yang halus, tetapi bertekstur.

Bahan ini terdiri atas beberapa lapisan yang dilaminasi di bawah tekanan sangat tinggi sehingga menciptakan lembaran penahan bentuk (HPL) yang sangat padat, keras, dan bertekstur. 

Baca juga: Simak, Ini 7 Tips Aman Membeli Furnitur Secara Online 

Ilustrasi ruang makan bergaya Skandinavia, Ilustrasi furnitur di ruang makan atau dapur. Shutterstock/PinkyWinky Ilustrasi ruang makan bergaya Skandinavia, Ilustrasi furnitur di ruang makan atau dapur.
Ashita, public relations TACO mengatakan bahan HPL memiliki berbagai kelebihan dibanding kayu biasa, dari harga, pemasangan, hingga perawatan.

"Hal pertama pastinya lebih go green karena tidak merusak kayu (pohon), kemudian mudah dipasang, pengerjaan lebih cepat, serta harganyaterjangkau," ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (1/6/2022).

Dibanding kayu jati asli, harga HPL jauh lebih terjangkau serta memiliki motif dan warna yang lebih banyak yang menyerupai kayu asli. 

Baca juga: 5 Tips Mudah Memindahkan Barang atau Furnitur Berat Sendirian 

Ketahanan dan perawatan

Untuk ketahanan HPL sendiri, Ashita mengatakan hal itu tergantung pada pemakaian dan perawatan furnitur.

Ashita mengaku dirinya sudah menggunakan produk HPL lebih dari 12 tahun dan kondisinya masih bagus. "Biasanya, orang akan lebih cepat bosan untuk menggantinya, bukan karena kerusakaan," imbuh Ashita.  

Baca juga: 5 Tips Mudah Memindahkan Barang atau Furnitur Berat Sendirian 

Lebih lanjut, Ashita menjelaskan, ada beberapa hal yang dapat merusak furnitur HPL, di antaranya menggeser furnitur dengan berlebihan sehingga membuat furnitur terbentur dan furnitur terkena sinar matahari sehingga menyebabkan warnanya berubah. 

"Untuk furnitur HPL tahan lama, disarankan membersihkannya dengan mengelapnya satu minggu sekali dan usahakan tidak terkena sinar matahari yang dapat mengubah warnanya," tutupnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com