Kompas.com - 24/05/2022, 13:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasur yang digunakan setiap hari untuk tidur bisa meninggalkan noda pada permukaannya, termasuk noda kuning.

Sebetulnya, kasur jenis apa pun akan mulai menguning seiring waktu karena bahan kasur perlahan-lahan bereaksi dengan oksigen, terutama kasur busa memori atau yang dibiarkan berada di bawah sinar matahari

Baca juga: 7 Langkah Mudah Membersihkan Kasur dari Tungau dan Bakteri

Penyebab utama noda kuning pada kasur berasal dari keringat dan minyak tubuh. Penyebab lain, urine, muntahan, darah, jamur atau lumut, makanan atau minuman, tungau debu, dan kulit mati. 

Tak hanya itu, noda-noda ini juga meninggalkan bau pada kasur. Untungnya, membersihkan noda kuning pada kasur mudah dilakukan. 

Bahkan, menghilangkan noda pada kasur ini bisa menggunakan bahan-bahan alami. Intinya,  bersihkan segera noda atau tumpahan pada kasur dengan menyekanya menggunakan handuk kering, tapi hindari menggosoknya. 

Nah, dilansir dari Hunker, Selasa (24/5/2022), berikut bahan alami yang ampuh membersihkan noda kuning pada kasur. 

Baca juga: 6 Tips Mengatasi Seprai yang Sering Bergeser dari Kasur

Baking soda, garam, dan air 

Ilustrasi baking soda atau soda kue. FREEPIK Ilustrasi baking soda atau soda kue.
Campuran ini menciptakan solusi antinoda yang serbaguna untuk menghilangkan noda kuning pada kasur. Berikut cara membuatnya:

  • Dalam mangkuk, campurkan seperempat cangkir air, dua sendok makan baking soda, satu sendok teh garam, dan satu sendok teh air putih. Kemudian, aduk rata sampai semua bahan teracmpur, tetapi hentikan menambahkan air saat campuran sudah berubah menjadi pasta.
  • Gosokkan pasta langsung ke noda kasur dengan gerakan memutar. Garam dan baking soda memiliki pH yang sedikit basa sehingga dapat menetralkan dan menghilangkan bau pada noda asam.
  • Biarkan pasta tetap berada di kasur selama sekitar 30 menit. Pasta secara fisik akan mengangkat noda saat mengering.
  • Gunakan kain lembap untuk menyeka pasta kering dan menyedotnya dari kasur. 

Baca juga: 4 Cara Ampuh Membasmi Tungau di Kasur 

Baking soda dan sabun cuci piring 

Kombinasikan baking soda dan sabun cuci piring mampu menghilangkan noda keringat dan noda makanan pada kasur. Berikut cara membuatnya. 

  • Tambahkan dua sendok makan baking soda dan satu sendok teh sabun cuci piring ke dalam satu cangkir air hangat atau panas. Aduk rata bahan pembersih ini dengan baik.
  • Celupkan handuk ke dalam larutan pembersih dan gosokkan pada noda, lalu biarkan selama 30 menit.
  • Keringkan area tersebut dengan handuk basah, lalu beberapa saat kemudian handuk kering untuk hasil maksimal. 

Baca juga: Kasur Angin Vs Sofa Bed, Mana yang Lebih Baik untuk Tamu Menginap? 

Sabun cuci piring dan hidrogen peroksida

Ilustrasi sabun cuci piring. SHUTTERSTOCK/THAMYRIS SALGUEIRO Ilustrasi sabun cuci piring.
Hidrogen peroksida dan sabun cuci piring sangat berguna untuk mengatasi noda darah dan urine yang berada pada kasur. Ini juga bisa mendisinfeksi kasur. Berikut cara membuat dan menggunakannya. 

  • Campurkan seperempat cangkir sabun cuci piring dengan setengah cangkir hidrogen peroksida ke dalam botol semprot yang bersih. Namun, hindari mencampur larutan ini sampai Anda siap menggunakannya karena hidrogen peroksida dapat cepat berubah menjadi air.
  • Setelah itu, semprotkan larutan secara bebas di atas noda dan pastikan menutupi tepinya. Diamkan larutan selama 10 menit.
  • Gunakan kain kering untuk menghilangkan kelebihan larutan.
  • Gunakan pengering rambut untuk mengeringkan kasur dan membuat noda semakin hilang. Ulangi sampai noda benar-benar hilang. 

Baca juga: Kesalahan yang Perlu Dihindari saat Membersihkan Kasur 

Mencegah noda kuning

Ilustrasi kasur, duvet atau pelapis kasur. PEXELS/MAX VAKHTBOVYCH Ilustrasi kasur, duvet atau pelapis kasur.
Untuk mencegah noda kuning kembali pada kasur,, gunakan alas kasur. Banyak alas kasur yang memiliki bantalan yang mengandung serat poliester penyerap sehingga dapat memperlambat penyebaran cairan jika terjadi tumpahan.

Dengan demikian, memberi Anda waktu yang cukup untuk melepas alas sebelum mengenai kasur. Sementara itu, bila memiliki anak yang masih terus mengompol, sebaiknya membeli pelindung kasur tahan air. 

Baca juga: Bolehkah Menaruh Kasur Angin di Rangka Tempat Tidur?

Baik menggunakan penutup kasur atau tidak, segera bersihkan semua tumpahan pada kasur untuk mengurangi munculnya noda.

Untuk mencegah jamur, biarkan kasur benar-benar mengering sebelum memasang seprai kembali. Cuci seprai secara teratur untuk mencegah keringat dan minyak meresap ke kasur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Hunker
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.