Kompas.com - 18/05/2022, 13:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Saat berbicara tentang kebersihan kasur, kita seringkali berpikir jika mencuci dan mengganti spreinya saja sudah cukup.

Ternyata permukaan kasur juga perlu untuk dibersihkan karena rentan menjadi tempat bersembunyinya penyebab alergi seperti tungau dan debu.

Tentunya kamu tidak ingin tidur di kasur yang kotor dan dipenuhi debu, untuk itu sebaiknya bersihkan kasur secara teratur dan lindungi permukaannya.

Melansir dari Architectural Digest, Rabu (18/5/2022), berikut ini merupakan langkah-langkah membersihkan kasur agar bebas kotoran dan tungau.

Baca juga: 6 Tips Mengatasi Seprai yang Sering Bergeser dari Kasur

Siapkan peralatan bersih-bersih

Untuk membersihkan kasur secara mendalam, kamu membutuhkan bahan-bahan pembersih tertentu seperti :

  • Vacuum cleaner dengan pelapis
  • Pembersih enzim atau sabun cuci piring untuk menghilangkan noda
  • Deterjen
  • Bubuk soda kue
  • Kain pembersih
  • Air dingin

Baca juga: 4 Cara Ampuh Membasmi Tungau di Kasur

Lepaskan kasur dan cuci semua sprai

Lepaskan sprai, sarung bantal dan penutup kasur kemudian cuci menggunakan mesin cuci. Selagi menunggu sprei dicuci kamu bisa mulai membersihkan kasur.

Mencuci seluruh permukaan kasur dengan air panas akan membantu menyingkirkan tungau debu.

Kamu juga bisa mencuci bantal dan guling mu, namun periksa label perawatannya terlebih dahulu untuk mengetahui apakah bisa dicuci atau tidak.

Sedot debu pada permukaan kasur

Sediakan perlengkapan seperti kain lembut yang sudah dibasahi deterjen ringan, kemoceng atau penyedot debu, hingga hairdryer untuk membersihkan kipas angin tanpa dibongkar pasang.FREEPIK/JCOMP Sediakan perlengkapan seperti kain lembut yang sudah dibasahi deterjen ringan, kemoceng atau penyedot debu, hingga hairdryer untuk membersihkan kipas angin tanpa dibongkar pasang.

Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan permukaan kasur, jangan lupa untuk membersihkan sela-sela jahitan di kasur dan sisi-sisinya. Dengan bergini seluruh kotoran dan debu yang tersembunyi akan terangkat.

Baca juga: Panduan Memilih Headboard Kasur yang Sesuai Kebutuhan

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.