Kompas.com - 22/05/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mempercantik dinding interior rumah, kamu tidak bisa hanya mengandalkan cat dinding saja, tetapi juga mengaplikasikan finishing cat yang tepat.

Finishing cat berguna untuk melindungi lapisan cat di bawahnya dari panas, hujan, angin, kotoran, dan sebagainya agar lapisan cat lebih awet dan tidak mudah terkelupas.

Jika kamu masih asing dengan finishing cat yang digunakan untuk melapisi cat dinding, artikel ini akan membahasnya lebih lanjut.

Baca juga: Pilihan Warna Cat Interior Rumah untuk Membangkitkan Suasana Hati

Dilansir dari beberapa sumber, Minggu (22/5/2022), berikut ini adalah enam jenis finishing cat untuk mempercantik interior rumah.

Ilustrasi mengecat langit-langit ruangan. SHUTTERSTOCK/DMITRY GALAGANOV Ilustrasi mengecat langit-langit ruangan.
Flat

Flat merupakan cat interior yang paling sering ditemukan di pasaran yang memberikan hasil akhir yang matte (tanpa kilau).

Berkesan chalky (berkapur), jenis finishing cat ini cocok digunakan pada kamar tidur dan langit-langit karena area tersebut minim lalu lalang sehingga tidak membutuhkan bantuan cahaya.

Selain itu, harga cat flat relatif lebih murah dibandingkan dengan finishing cat yang lainnya.

Flat Enamel (Matte)

Baca juga: Cat Sudah Terkelupas? Ini 6 Cara Mengecat Ulang Dinding

Flat enamel (matte) merupakan jenis finishing cat dengan hasil akhir flat dan matte yang tahan lama dan memberikan kesan matte (tanpa kilau).

Jenis finishing cat ini dapat menutupi pori-pori pada kayu dinding sehingga area tersebut terlihat rata.

Flat enamel cocok digunakan pada kamar tidur dan langit-langit karena area tersebut jarang terekspos sehingga tidak membutuhkan bantuan cahaya lebih.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.