Kompas.com - 21/05/2022, 18:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Kamu tentu sudah tidak asing dengan kedua tanaman hias photos dan philodendron. Keduanya merupakan tanaman hias yang dikenal minim perawatan dan bisa ditanam baik di area indoor maupun outdoor.

Kemudahan perawatannya ini menjadikan kedua tanaman ini cukup populer di kalangan pecinta tanaman.

Tak hanya memiliki karakter yang hampir sama, kedua tanaman ini seringkali membuat kita bingung karena bentuknya yang mirip.

Melansir dari The Spruce, Sabtu (21/5/2022), meskipun mirip sebenarnya kedua tanaman ini memiliki keunikan dan karakteristik yang berbeda.

Berikut ini merupakan 5 perbedaan mendasar antara tanaman pothos dan philodendron yang wajib untuk kamu ketahui.

Baca juga: Catat, Ini Waktu Terbaik Menyiram Tanaman Gantung

Taksonomi

Taksonomi merupakan cabang ilmu yang mempelajari klasifikasi kelompok organisme biologis. Cabang ilmu ini digunakan untuk menamai tumbuhan dan hewan serta mengaturnya ke dalam genus dan famili.

Taksonomi, dalam hal tumbuhan, sebagian besar berkaitan dengan tata nama tumbuhan. Pothos dan philodendron adalah dua tanaman terpisah dan berbeda yang termasuk dalam genera terpisah.

Pothos termasuk dalam genus Epipremnum, dan philodendron termasuk dalam genus Philodendron. Namun, mereka ada di bawah keluarga yang sama, karena pothos dan philodendron milik keluarga tanaman aroid (Araceae).

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Cocok untuk Dekorasi Rumah Bergaya Skandinavia

Bentuk dan tekstur daun

Ilustrasi tanaman hias Philodendron micans. SHUTTERSTOCK/PARIJATPLANT Ilustrasi tanaman hias Philodendron micans.

Cara termudah untuk membedakan tanaman pothos dan philodendron adalah dari bentuk daunnya. Umumnya philodendron memiliki daun berbentuk hati yang tipis dengan tekstur lembut.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.