Kompas.com - 19/05/2022, 21:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Sama denga manusia, tanaman membutuhkan air untuk hidup, tumbuh, dan berkembang.

Melalui air, udara, dan sinar matahari, tanaman melalui proses fotosintesis untuk menghasilkan makanannya sendiri. Untuk itu, pastikan menyediakan ketiga hal tersebut saat merawat tanaman di rumah.

Baca juga: 5 Manfaat Es Batu untuk Kebutuhan Rumah Tangga, Apa Saja?

Namun, untuk kebutuhan air, ada beberapa orang yang memilih menyiram tanaman menggunakan es batu.

Lantas, bolehkah menyiram tanaman menggunakan es batu? Aman dan efektifkah?

Dilansir dari Our Houseplants, Kamis (19/5/2022), alasan utama beberapa orang menggunakan es batu untuk menyiram tanaman adalah membantu tanaman mendapatkan takaran air yang tepat dengan cara terkontrol dan terukur. 

Trik ini merupakan solusi sederhana yang aman untuk mencegah penggunaan air secara berlebihan serta menghindari kelebihan air yang menggenang di sekitar akar tanaman.

Walhasil, es batu menjaga tanaman dari pembusukan serta membuat tanaman sehat dan bahagia. Namun, apakah cara ini efektif? 

Baca juga: 4 Kesalahan yang Perlu Dihindari Saat Menyiram Tanaman

Cara kerja es batu pada tanaman

Ilustrasi menyiram tanaman di dalam pot. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi menyiram tanaman di dalam pot.
Pada prinsipnya, es batu dapat bekerja sebagai medium untuk menyiram tanaman. Es batu akan mencair, yang kemudian meresap ke tanah, dan memberikan kelembapan langsung ke akar tanaman.

Ohio State University melakukan eksperimen menggunakan es batu untuk menyiram tanaman anggrek. Eksperimen ini dimuat dalam penelitian bertajuk “Ice Cube Irrigation of Potted Phalaenopsis Orchids in Bark Media Does Not Decrease Display Life”.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa menyiram anggrek dengan es batu tidak menghasilkan efek merugikan apa pun pada kesehatan tanaman.

Baca juga: Menyiram Anggrek dengan Es Batu, Apa Manfaat dan Seberapa Efektif?

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.