Kompas.com - 19/05/2022, 18:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pernahkah kamu merasa bahwa rumah terasa sangat panas selama musim panas serta terlalu dingin saat cuaca dingin?

Hal ini bisa terjadi karena hunian tidak memiliki insulasi. Insulasi dapat mempertahankan suhu dalam rumah tetap stabil dan membantu menghemat penggunaan listrik pada musim panas karena tidak perlu menyalakan AC.

Baca juga: 5 Kebiasaan Ini Dapat Menghemat Listrik Saat Menggunakan AC

Selain itu, insulasi juga dapat menjaga rumah terasa cukup hangat sepanjang cuaca dingin.

Lantas, apa itu insulasi dan bagaimana cara menggunakannya di rumah? 

Disadur dari Green Match, Kamis (19/5/2022), insulasi adalah pelapis yang dapat membantu menjaga suhu dalam rumah tetap stabil atau nyaman sepanjang tahun serta melindungi rumah dari cuaca dingin dan panas. 

Insulasi juga berguna mengurangi polusi suara. Rumah yang diinsulasi dengan baik dapat menghemat penggunaan energi serta biaya listrik. 

Insulasi dapat diterapkan paatap, lantai, dinding, atau jendela dan pintu. Namun, dinding merupakan yang paling penting untuk diinsulasi.  

Baca juga: Simak, Ini 5 Cara Memilih Kanopi Jendela yang Tepat untuk Rumah

Cara kerja insulasi

Ilustrasi insulasi rumah.SHUTTERSTOCK / Patryk Kosmider Ilustrasi insulasi rumah.

Untuk lebih memahami bagaimana insulasi bekerja, ada tiga mekanisme dasar terkait dengan aliran panas seperti dijelaskan dalam situs resmi  Department Energi Amerika Serikat, yakni konduksi, konveksi, dan radiasi.

Konduksi adalah cara panas bergerak melalui benda seperti sendok dalam secangkir kopi panas dapat menghantarkan aliran panas tersebut pada gagang sendok. 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.