Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Menyiram Tanaman yang Tepat agar Tidak Mati dan Busuk

Kompas.com - 11/02/2022, 20:37 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Mengoleksi tanaman hias merupakan hobi yang cukup populer belakangan ini. Tanaman hias akan membuat rumah menjadi lebih indah dengan warna daun dan bunga yang beragam.

Namun keindahan ini tentunya tak akan bertahan lama jika perawatan yang dilakukan kurang tepat.

Salah satu faktor penting dalam merawat tanaman hias adalah proses penyiraman untuk memastikan tanaman mendapatkan air yang cukup.

Melansir dari The Spruce, Jumat (11/2/2022), agar tanaman hias berumur panjang, penyiraman dengan teknik yang tepat perlu dilakukan. Berikut ini adalah 5 tips penyiraman yang baik dan tepat agar tanaman tidak mati.

Baca juga: Manfaat Menyiram Tanaman Anggrek Menggunakan Es Batu

Gunakan pot yang sesuai

Pemilihan pot yang tepat sangat mempengaruhi keadaan tanaman. Hindari memilih pot yang terlalu sempit karena penyerapan air kurang maksimal.

Selain itu pilihlah pot dengan lubang dibagian bawahnya, drainase pot yang baik akan membuat tanaman sehat dan tanah tidak mudah lembab.

Tanah yang lembab akibat air yang menggenang dapat meningkatkan pertumbuhan jamur di area akar tanaman sehingga menyebabkan busuk akar.

Baca juga: Menyiram Tanaman dengan Air Akuarium Punya Banyak Manfaat, Apa Saja?

Gunakan teknik yang tepat

Salah satu teknik penyiraman ialah melakukan penyiraman dari bawah atau bagian akar. Teknik ini sangat cocok untuk tanaman dengan daun mudah busuk karena air.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan wadah penyiraman dengan leher yang panjang dan ramping.

Jenis wadah ini akan memudahkanmu untuk menyiram tanaman langsung ke tanahnya tanpa membasahi daun.

Siram dengan jumlah air yang cukup hingga ke sistem akarnya agar akar lebih kuat. Pastikan sisa air mengalir melewati drainase pot untuk membuang garam pupuk yang menumpuk di dalam tanah.

Baca juga: Amankah Menyiram Tanaman dengan Air Suling?

Letakkan tanaman di tempat yang tepat

Menyirami tanaman dengan baik juga menjadi bagian dari cara merawat tanaman agar tumbuh subur. Air akan mengangkut nutrisi ke atas melalui sistem akar dan memberi makan tanaman.FREEPIK Menyirami tanaman dengan baik juga menjadi bagian dari cara merawat tanaman agar tumbuh subur. Air akan mengangkut nutrisi ke atas melalui sistem akar dan memberi makan tanaman.

Saat meletakkan tanaman hias, sebaiknya pertimbangkan kebutuhan masing-masing tanaman. Contohnya saja tanaman dengan kebutuhan cahaya yang cukup banyak sebaiknya diletakkan di area jendela atau tempat terbuka.

Begitu Pula dengan kebutuhan airnya, tanaman yang membutuhkan air lebih banyak sebaiknya diletakkan di dekat sumber air.

Kamu juga bisa meletakkan wadah penyiraman di dekatnya agar kamu bisa menyiramnya kapanpun tanaman membutuhkan air.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menyiram Tanaman Luar Ruangan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com