Kompas.com - 20/01/2022, 17:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Saat menguras akuarium seringkali air di dalam tangki terbuang dengan percuma. Padahal kamu masih bisa menggunakannya untuk menyiram tanaman mu karena kandungannya yang bermanfaat bagi tanaman.

Air akuarium berisi sisa-sisa kotoran ikan dan alga yang mengandung nitrat dan bermanfaat untuk proses fotosintesis pada tanaman. Dengan begini air tak akan terbuang sia-siang dan masih bisa dimanfaatkan kembali.

Melansir dari Flourishing Plants, Kamis (20/1/2022),namun hindari menyiram dengan air akuarium yang terlalu kotor karena bisa jadi air sudah mengandung amonia yang berbahaya baik bagi ikan maupun tanaman.

Jika air terlalu kotor, biarkan beberapa saat agar kadar amonia berkurang dan berubah menjadi nitrat yang bermanfaat. Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengapa air akuarium sangat bermanfaat bagi tanaman.

Baca juga: Kenapa Ikan Cupang Bersembunyi di Akuarium? Ini 8 Alasannya

Apakah air akuarium baik untuk tanaman?

Ilustrasi menyiram tanaman.SHUTTERSTOCK/MAKISTOCK Ilustrasi menyiram tanaman.

Proses pengurasan aquarium wajib dilakukan secara rutin karena seiring waktu air menjadi kotor dan berbahaya bagi ikan dan makhluk lain di dalamnya.

Meskipun air kotor ini berbahaya bagi ikan, air akuarium justru membawa manfaat jika digunakan untuk menyiram tanaman.

Untuk mendapatkan tanaman yang sehat, tanaman membutuhkan Nitrogen, Fosfor dan Kalium (NPK) dalam jumlah yang cukup.

Baca juga: 3 Ide Akuarium Unik untuk Dijadikan Dekorasi di Ruang Tamu

 

Nah, air dari tangki akuarium mengandung nitrogen dalam bentuk nitrat. Nitrat dibutuhkan tanaman untuk memproduksi bunga dan biji karena merupakan komponen penting yang proses fotosintesis.

Selain itu makanan ikan juga mengandung protein yang biasanya terkandung dalam pupuk tanaman. Untuk itu air akuarium memiliki kandungan protein yang berasal dari makanan ikan yang terurai.

Baca juga: 10 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Menaruh Cupang Betina ke Akuarium

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.