Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/01/2022, 14:18 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda memperhatikan kucing yang sedang melihat kolam ikan mas dengan teliti dan penuh perhatian? Dalam film kartun, misalnya kucing digambarkan sebagai hewan yang sangat penasaran dengan ikan mas dan mengais-ngais di dalam akuarium. 

Namun demikian, pada kenyataannya kucing Anda bisa menjadi seperti itu. 

Melansir dari Cuteness, Sabtu (1/1/2022), kucing yang memerhatikan kolam atau akuarium ikan mas, mereka tertarik dengan apa yang sedang dilihatnya.

 

Baca juga: 5 Alasan di Balik Kebiasaan Aneh Kucing

Seekor ikan yang berenang terus-menerus dalam lingkaran dan tubuh yang berkilauan segera menjadikannya mainan yang tak tertahankan untuk kucing.

Tentu, Anda dapat membeli ikan untuk kucing agar kucing Anda tetap terhibur dan terstimulasi secara mental, tetapi jangan salah, beberapa kucing memang dan akan memakan ikan.

Dimulai dengan minat, lalu hiburan, tetapi mungkin berakhir dengan ikan menjadi camilan.

Ikan mas untuk kucing, mainan atau makanan?

Kucing memiliki dorongan naluriah, seperti berburu untuk bertahan hidup, yang telah diubah dan dimodifikasi setelah bertahun-tahun ditahan dan dijinakkan.

Baca juga: Mengenal Kebiasaan Tidur Kucing dan Area yang Disukainya

Saat ini, insting ini telah berkembang menjadi sejenis permainan kucing. Sebagian besar kucing domestik bermain seperti cara berburu mereka berabad-abad yang lalu.

Namun, "permainan kucing" yang dimodifikasi ini tidak hanya dapat membunuh ikan mas, tetapi juga dapat membahayakan hewan peliharaan kecil lainnya di rumah seperti hamster, ataupun marmut.

Jauhkan kucing dari kolam ikan

Kucing adalah hewan pemangsa dan kolam luar ruangan yang dipenuhi ikan akan menarik perhatian mereka. Untungnya, kucing tidak suka basah, jadi kecil kemungkinan mereka akan melompat ke kolam Anda.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com