Kompas.com - 20/01/2022, 13:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecemburuan merupakan salah satu emosi atau perasaan yang tidak hanya dimiliki manusia, tapi juga hewan peliharaan, termasuk kucing

Rasa cemburu adalah perasaan alami dan normal yang dialami kucing peliharaan. Biasanya, hal ini muncul karena kucing berupaya mendapatkan apa yang diinginkannya, apakah itu mainan favorit atau makanan. 

Baca juga: Ternyata Kucing Bisa Cemburu, Ini Penyebab, Tanda, dan Mengatasinya

Kucing yang cemburu sering kali mendambakan perhatian lebih serta terkadang bisa membuatnya banyak bertingkah, bahkan berperilaku merusak. 

Menghadapi kucing cemburu bisa membuat frustrasi. Untuk itu, penting mengambil beberapa langkah untuk menghentikan perilaku cemburu tersebut. Kuncinya, mencari tahu mengapa kucing cemburu. 

Baca juga: 4 Hal yang Menyebabkan Anjing Cemburu, Apa Saja?

Penyebab kucing cemburu

Ilustrasi kucingUnsplash/Piotr Musio? Ilustrasi kucing
Sama dengan beberapa orang, kucing menjadi cemburu ketika merasa dikucilkan atau lingkungan mereka berubah drastis atau tiba-tiba.

Mengutip dari The Spruce Pets, Kamis (20/1/2022), kecemburuan yang dialami kucing dapat dipicu oleh sejumlah hal, tapi setidaknya ada empat hal utama. 

Pertama, kucing menunjukkan tanda-tanda kecemburuan ketika pemiliknya lebih memperhatikan suatu objek, orang, atau hewan peliharaan lain. Apalagi, bila selama ini, Anda menghabiskan banyak waktu bersama dan bermain dengan kucing peliharaan. 

Selain itu, kedatangan anggota keluarga baru seperti bayi yang baru lahir atau hewan peliharaan juga bisa menjadi penyebab kucing cemburu

Baca juga: Ternyata Anjing Bisa Cemburu, Ini Tanda dan Cara Mengatasinya

Bahkan hal-hal sederhana seperti ponsel, video game, atau hobi juga bisa menjadi menyebabkan kucing cemburu. 

Kedua, sosialisasi yang buruk sebagai anak kucing dapat menyebabkan kucing menjadi tergantung pada Anda dan terkadang menunjukkan tanda-tanda kecemburuan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.