Kompas.com - 28/01/2022, 11:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk bisa tumbuh dengan subur, tanaman harus disiram dan diberikan pupuk sesuai dengan kebutuhannya. Akan tetapi, penyiraman yang terlalu banyak akan membuat tanaman layu atau bahkan mati. 

Seperti yang dilansir dari Reader's Digest, Jumat (28/1/2022), salah satu alasan utama banyak orang gagal menjaga tanaman hias tetap hidup adalah karena mereka cenderung merawatnya secara berlebihan dengan menyiram tanaman terlalu sering.

Memberikan air terlalu banyak pada tanaman dapat menyebabkan busuk akar dan jamur yang tumbuh di akar dan membunuh tanaman Anda dengan cepat.

Baca juga: Menyiram Tanaman dengan Air Akuarium Punya Banyak Manfaat, Apa Saja?

 

Ilustrasi menyiram tanaman hias.PEXELS/TEONA SWIFT Ilustrasi menyiram tanaman hias.

Jadi, untuk menghindari penyiraman yang terlalu berlebihan yang perlu Anda lakukan adalah mengambil pendekatan yang lebih terukur.

Menurut Reader's Digest, yang diperlukan hanyalah menempatkan dua es batu besar di dasar tanaman Anda seminggu sekali agar mereka tetap bahagia dan terhidrasi.

Dengan cara ini tanaman bisa menyedot semua H2O itu secara perlahan, tapi pasti. Selain itu, ini juga akan membantu mencegah tumpahan air yang berantakan yang mungkin terjadi.

Es batu bermanfaat untuk tanaman anggrek

Trik penyiraman ini terutama berlaku untuk anggrek. Seperti yang ditulis Amanda Gutterman di The Gardenist. 

Baca juga: Amankah Menyiram Tanaman dengan Air Suling?

"Kebanyakan anggrek mati tenggelam karena penyiraman yang berlebihan. Meskipun anggrek berasal dari daerah tropis, akarnya perlu dikeringkan dengan baik sehingga tidak ada genangan air di dasarnya," ujar Gutterman. 

Gutterman, yang telah melakukan penyiraman dengan es batu ini, kemudian menjelaskan betapa besar perbedaan yang bisa dibuat dengan teknik penyiraman ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.