Kompas.com - 19/05/2022, 15:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perawatan dan pemeliharaan rumah membutuhkan biaya yang tak sedikit. 

Namun, mau tak mau, hal tersebut tetap harus dilakukan, bahkan perlu menghabiskan pengeluaran lebih dari seharusnya guna menjaga kondisi rumah tetap prima serta jauh dari kerusakan. 

Baca juga: 7 Tanaman yang Sebaiknya Tidak Ditanam di Halaman Rumah, Kenapa?

Meski demikian, tak dipungkuri, ada beberapa pemilik rumah yang kerap mengabaikan perawatan dan pemeliharaan hunian mereka.

Akibatnya, rumah kerap mengalami sejumlah permasalahan, yang akhirnya menyebabkan pengeluaran lebih besar untuk perbaikan.

Nah, berikut beberapa kesalahan perawatan dan pemerliharaan rumah yang kerap dilakukan sehingga membuat kerugian besar dikutip dari Bobvila, Kamis (19/5/2022). 

Baca juga: Makin Berantakan, 7 Kesalahan Desain Kamar Mandi yang Harus Dihindari 

Tidak merawat hal-hal kecil saat masalah masih sedikit 

Ilustrasi keran air. PIXABAY/PUBLICDOMAINPICTURES Ilustrasi keran air.
Menunda perbaikan rumah adalah kesalahan sangat umum dan sangat berisiko. Kebocoran yang lambat atau perlengkapan yang retak mungkin tampak seperti ketidaknyamanan kecil yang tidak banyak berpengaruh pada kehidupan sehari-hari Anda. 

Namun, jika dibiarkan, kerusakan itu dapat meningkat menjadi situasi darurat. Ditambah, biaya perbaikan yang awalnya murah bisa menjadi menghabiskan biaya ratusan, bahkan jutaan. 

Baca juga: 3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Saat Menggunakan Jasa Arsitek 

Bergantung pada peralatan elektronik yang tidak efisien

Apakah Anda masih menggunakan mesin pencuci piring, mesin cuci, pengering pakaian, atau kulkas yang sudah sangat lama?

Jika demikian, Anda telah melewatkan penghematan energi cukup besar. Seperti diketahui, peralatan elektronik model lama menghabiskan banyak energi dan listrik

Banyak pemilik rumah masih menggunakan peralatan elektronik lama karena menganggap masih bagus digunakan dan menghemat uang. 

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Bobvila
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.