Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mendesain Dapur Terbuka

Kompas.com - 21/04/2022, 16:47 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur saat ini menjadi salah satu ruangan di rumah yang digunakan untuk berkumpul bersama keluarga selain memasak dan menyiapkan makanan. 

Tak heran, bila dapur kerap mendapat desain atau dekorasi lebih dibanding ruangan berkumpul lainnya. 

Baca juga: 5 Hal Penting yang Harus Dimiliki untuk Menciptakan Dapur Outdoor

Salah satu desain dapur yang banyak dipilih adalah dapur open space atau terbuka. Desain ini cocok dan banyak diterapkan di rumah kecil atau ruang kecil seperti apartemen

Sama dengan desain dapur lainnya, dapur terbuka juga memiliki keuntungan dan kekurangan. Keuntungan desain dapur terbuka adalah membuat ruangan lebih besar, lebih praktis, ruang gerak lebih bebas, sirkulasi udara lebih lancar, dan suasana keluarga lebih hangat.

Kekurangnya, dapur berisiko lebih cepat kotor dan berantakan, mudah dimasuki hama, zona menjadi tidak jelas, serta memerlukan perawatan lebih. 

Karena itu, menerapkan desain dapur terbuka perlu pertimbangan matang. Pasalnya, bila tidak merancangnya dengan baik, dapat menyebabkan kerugian. 

 

Dilansir dari Homes and Gardens, Kamis (21/4/2022), berikut empat kesalahan yang harus dihindari saat mendesain dapur terbuka. 

Baca juga: 6 Ide Tata Letak Dapur, Pertimbangkan Sebelum Renovasi

Tidak menyembunyikan elemen fungsional 

Ilustrasi dapur, ilustrasi desain dapur terbuka.Shutterstock/KUPRYNENKO ANDRII Ilustrasi dapur, ilustrasi desain dapur terbuka.
Dapur adalah ruang kerja keras dengan fitur yang membuatnya terlihat fungsional dan tidak selaras dengan ruang keluarga.

Seni membuat desain dapur terbuka yang menyatu dengan mulus terletak pada membuat barang-barang praktis ini menghilang.

"Memasang elemen yang dapat ditarik seperti ekstraktor downdraft dan pop-up plus soket yang rata dengan meja kerja saat tidak digunakan membantu membuat dapur terlihat kurang bermanfaat," kata Charlie Smallbone, perancang dapur yang berbasis di Inggris sekaligus pendiri Smallbone of Devizes dan Ledbury Studio. 

Fitur ruangan juga dapat digunakan untuk menciptakan efek tanpa gangguan. Ledbury Studio memadukan furnitur dan arsitektur, menggabungkan bagian atas lemari dengan coving plafon, serta menghubungkannya dengan ceruk pencahayaan yang membuat coving dan lemari tampak menjadi satu. 

Baca juga: 6 Tips Membuat Dapur yang Desainnya Tak Lekang oleh Waktu

Tidak menggunakan teknik desain untuk mendefinisikan zona 

Menggunakan lantai yang sama di seluruh area terbuka adalah hal salah. Sebaliknya, memilih lantai yang berbeda adalh hal ini dan membedakan zona ruang yang terpisah.

"Perubahan lantai adalah cara halus untuk mendefinisikan dapur dan ruang keluarga tanpa mengorbankan harmoni," ucap Charlie.

Lantai kayumerupakan pilihan praktis untuk arepersiapan makanan, sementara karpet lembut lebih disukai di ruang keluarga. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Cocok dan Bermanfaat Diletakkan di Dapur

Tidak membagi wilayah memasak untuk ruang sosial 

Ilustrasi dapur multifungsi, ilustrasi desain dapur terbuka, ilustrasi peralatan dan furnitur stainless steel. Unsplash/Steven Ungermann Ilustrasi dapur multifungsi, ilustrasi desain dapur terbuka, ilustrasi peralatan dan furnitur stainless steel.
Zonasi dapat dicapai dengan berbagai cara, termasuk menggunakan meja kitchen island. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com