Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cocok untuk Pemula, Ini 7 Tanaman yang Tak Membutuhkan Banyak Air

Kompas.com - 15/04/2022, 13:50 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Memelihara tanaman hias baik di dalam maupun di luar rumah merupakan hobi yang menyenangkan.

Selain menghilangkan stres, tanaman hias yang sehat dan rimbun tentunya dapat menambah kesan visual yang indah untuk rumah.

Namun bagaimana jika kamu terlalu sibuk untuk merawatnya? Jangan khawatir, kamu tetap bisa menanam tanaman hias dengan perawatan yang mudah.

Melansir dari Pure Wow, Jumat (15/4/2022) ada beberapa jenis tanaman hias yang tetap dapat hidup meskipun kita lupa untuk menyiramnya.

Bahkan mereka tidak membutuhkan air setiap hari, untuk itu sangat cocok bagi kamu yang sibuk bekerja. Berikut ini adalah 7 pilihan tanaman hias yang tidak perlu disiram secara rutin.

Baca juga: 5 Tips Menggantung Tanaman Hias di Dalam Rumah

Snake plant

Tanaman snake plant atau lidah mertua memiliki bentuk cantik yang kokoh sehingga sangat cocok sebagai tanaman hias di sudut ruangan.

Kamu tidak perlu khawatir jika lupa menyiram tanaman lidah mertua karena ia tidak terlalu suka saat tanahnya basah. Tanaman ini hanya membutuhkan air setiap 10 hari sekali bahkan dapat bertahan sebulan tanpa air.

Baca juga: 5 Cara Membasmi Hama Agas pada Tanaman Dalam Ruangan

ZZ plant

ZZ merupakan kependekan dari Zamioculcas zamiifolia, di Indonesia tanaman ini lebih dikenal dengan pohon dolar.

Selain snake plant, ZZ plant juga tidak membutuhkan banyak penyiraman. Kamu bisa memberinya air sekitar 2 hingga 3 minggu sekali. Pastikan tanahnya benar-benar kering sebelum menyiram.

Baca juga: Feng Shui: Ini Area Terbaik untuk Meletakkan Tanaman Lidah Mertua

Pothos

Ilustrasi tanaman hias sirih gading atau Pothos Global Green. SHUTTERSTOCK/FIRN Ilustrasi tanaman hias sirih gading atau Pothos Global Green.

Jika kamu mencari tanaman rambat yang tahan kering, pothos adalah pilihan terbaik. Tanaman ini terdiri dari banyak varietas dengan bentuk dan warna daun yang beragam. Umumnya tanaman pothos dapat tumbuh dengan baik meski disiram 7 hingga 10 hari sekali.

Philodendron

Tanaman philodendron cukup menjadi primadona di kalangan pecinta tanaman hias. Ada lebih dari 400 varietas berbeda yang bisa kamu koleksi.

Tanaman ini menyukai area yang kering dan tidak lembab. Siram saat tanah benar-benar kering, biasanya ia membutuhkan air setiap 7 hingga 10 hari sekali.

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Cocok dan Bermanfaat Diletakkan di Dapur

Yucca plant

Tanaman yucca sangat cocok bagi pemula karena perawatannya yang cukup mudah dan tidak memerlukan penyiraman yang sering. Habitat alaminya adalah gurun pasir karena itu ia terbiasa dengan tanah yang kering.

Sebaiknya pastikan media tanam benar-benar kering sebelum kamu menyiramnya. Kamu bisa menggunakan sumpit kayu dengan menancapkan sumpit ke tanah, jika ada tanah yang menempel berarti tanah masih cukup basah. Cek kembali keadaan tanah sekitar 7 hingga 10 hari sekali.

Baca juga: 10 Tanaman yang Mirip Lidah Mertua, Jangan Sampai Keliru

Echeveria

Sama seperti jenis sukulen lainnya, tanaman echeveria menyimpan cadangan air pada area daunnya. Cadangan air ini memungkinkan echeveria bertahan berminggu-minggu tanpa disiram.

Pemberian air yang terlalu banyak dapat membuat daun echeveria membusuk dan berguguran. Daunnya yang membentuk kelopak mawar sangat cantik jika diletakkan di sudut jendela.

Baca juga: Plus Minus Pot Terakota untuk Menanam Tanaman

Aglaonema

Tanaman aglaonema memiliki daya tarik dari daunnya yang rimbun dengan aksen warna merah dan putih. Tanaman ini menyukai tanah yang kering dengan drainase yang bagus.

Periksa tanahnya setiap 7 hingga 10 hari sekali, siram saat tanah benar-benar kering. Jika kamu adalah seorang pemula dalam tanaman hias, tanaman ini sangat cocok untukmu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com