Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membasmi Hama Agas pada Tanaman Dalam Ruangan

Kompas.com - 14/04/2022, 14:35 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan tanaman hias di dalam ruangan diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan mental dan fisik seperti meningkatkan mood, menurunkan stres, dan meningkatkan kinerja dan fokus kerja. 

Selain itu, tanaman dalam ruangan juga bisa memurnikan udara, memberikan kesegaran, serta membersihkan polutan beracun seperti formaldehida dan xilena.  

Baca juga: Kenapa Agas Jamur pada Tanaman Harus Dibasmi?

Akan tetapi, tanaman dalam ruangan rentan mengalami masalah hama, salah satunya agas. Agas merupakan nyamuk kecil berwarna abu-abu yang biasa muncul di sekitar tanaman hias serta memiliki gigitan sangat perih dan gatal. 

Sama dengan menyingkirkan kutu daun di luar ruangan, menemukan cara efisien menyingkirkan agas pada tanaman dalam ruangan adalah suatu keharusan.

Mengatasi masalah agas tidak hanya memastikan tanaman hias tumbuh dengan sehat, tetapi juga menghilangkan masalah yang tidak menyenangkan dan mengganggu.  

Dilansir dari Homes and Gardens, Kamis (14/4/2022), berikut cara membasmi agas pada tanaman dalam ruangan. 

Baca juga: Mudah, Begini Cara Membasmi Hama Agas Jamur pada Tanaman

Terlalu banyak menyiram tanaman 

Ilustrasi menyiram tanaman di dalam pot. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi menyiram tanaman di dalam pot.
Keberadaan agas pada tanaman tak lain karena tersedianya tempat berkembang biak yang sempurna di dalam pot tanaman. 

Jadi, cara membasmi agas secara efektif adalah menghilangkan habitat perkembangbiakan mereka sepenuhnya.

"Agas jamur menyukai tanah lembap karena di sanalah jamur tumbuh," kata Erin Marino dari The Sill—perusahaan yang fokus pada perawatan tanaman hias dan tanaman dalam ruangan.  

Baca juga: Trik Mengatasi Agas Jamur pada Tanaman

Kemunculan agas bisa disebabkan terlalu banyak menyiram atau tidak membiarkan tanah mengering dengan baik di antara penyiraman. Ingat, tanah yang lembap berarti lebih banyak jamur dan lebih banyak makanan untuk agas. 

Sementara itu, Andrew Gaumond dari Petal Republic, menambahkan, penyebab paling umum munculnya agas jamur pada tanaman adalah dasar tanah yang terlalu banyak air atau jenuh dan lingkungan yang hangat serta lembap.

Sebagai aturan umum untuk sebagian besar tanaman, biarkan 20-50 persen tanah teratas benar-benar kering sebelum menyiramnya kembali demi mencegah agas muncul. 

Baca juga: 3 Cara Membasmi Hama Serangga Agas pada Tanaman Hias Indoor

Hentikan telur agas

Seorang ahli tanaman di Greenery Unlimited mengatakan membersihkan tanaman dari agas jamur, baik larva di tanah maupun lalat besar, harus menjadi sasaran untuk mengganggu siklus hidup.

"Hanya berurusan dengan lalat dewasa tidak akan menghentikan penetasan telur atau nimfa tumbuh menjadi dewasa dan berurusan dengan telur dan nimfa di tanah tidak akan menghentikan lalat dewasa bertelur lebih banyak." 

"Menambahkan lapisan pasir hortikultura sebanyak lima sentimeter atau tanah diatom di atas campuran pot tanaman akan membantu mencegah agas dewasa bertelur di dalam tanah," tambah Erin. 

Baca juga: 6 Tips Mencegah Nyamuk Berkembang Biak di Pekarangan Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com