Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencuci Peralatan Masak Tembaga agar Tetap Awet

Kompas.com - 09/04/2022, 10:46 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu material peralatan masak yang mudah mengembangkan lapisan karat adalah tembaga.

Situasi ini dapat terjadi ketika peralatan masak tembaga terkena oksigen, kelembapan, debu, sinar matahari, suhu panas, dan minyak dari tangan manusia.

Lapisan karat dapat muncul meski peralatan masak tembaga dicuci dengan baik. Hal tersebut mungkin dapat mengurungkan niat untuk merawat peralatan masak berbahan tembaga.

Baca juga: 3 Bahan Alami untuk Hilangkan Noda Karat pada Peralatan Masak Tembaga

Akan tetapi, kamu tetap harus mencucinya guna meminimalisir lapisan karat yang semakin parah yang berujung pada korosi.

Dikutip dari The Spruce Eats, Sabtu (9/4/2022), mencuci peralatan dapur tembaga tidak boleh sembarangan guna menjaga kilaunya. Nah, seperti apa cara yang benar?

Mencuci peralatan masak tembaga

Krim tartar bisa digunakan mengusir kusam dari panci dan teko tembaga. Unsplash/Aurelien Lemasson Krim tartar bisa digunakan mengusir kusam dari panci dan teko tembaga.

Cara terbaik untuk mencuci peralatan berbahan tembaga adalah menggunakan air hangat dan sabun cuci piring. Untuk menghilangkan residu apa pun, gunakan kain lembut, sikat, atau spons.

Sementara untuk menghilangkan residu makanan yang menempel, rendam peralatan masak tembaga di wadah berisi air sabun yang panas selama 15 menit. Lalu, gosok seluruh permukaan.

Saat menggosok, perhatikan alat pembersih yang kamu gunakan. Hindari alat yang permukaannya kasar dan abrasif. Terkait proses pengeringan, segera bilas dan seka untuk menghindari noda air.

Bisakah dicuci pakai mesin pencuci piring?

Mesin pencuci piring memang membuat proses pencucian menjadi lebih cepat. Meski demikian, kamu tidak disarankan untuk menggunakannya ketika mencuci peralatan masak tembaga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com