Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Bau pada Peralatan Masak Berbahan Silikon

Kompas.com - 15/12/2021, 15:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Peralatan masak berbahan silikon kini telah banyak digunakan. Peralatan dapur silikon memiliki banyak keunggulan, seperti anti lengket, aman untuk mesin pencuci piring, mudah dibentuk untuk penyimpanan yang nyaman, dan tahan terhadap suhu yang sangat dingin dan sangat panas.

Namun, jika Anda menggunakan peralatan masak berbahan silikon, Anda mungkin tahu betapa mudahnya bau menempel pada bahan setelah beberapa kali digunakan.

Loyang dan spatula silikon menyerap bau menyengat seperti bawang putih dan bawang merah, sementara nampan es batu mulai menyerap aroma freezer.

Baca juga: 6 Bahan Alami untuk Menghilangkan Bau pada Wadah Plastik Baru

"Menghilangkan aroma dari silikon adalah pekerjaan yang sulit untuk diatasi dan kemungkinan besar akan memakan waktu," kata Vera Peterson, presiden layanan pembersihan Molly Maid, seperti dikutip dari Martha Stewart, Rabu (15/12/2021).

Berikut beberapa tips tentang cara menghilangkan bau dari peralatan masak berbahan silikon, mulai dari nampan es batu dan spatula hingga loyang dan lainnya.

1. Baca instruksi

Meskipun para ahli memiliki trik tersendiri untuk menghilangkan bau dari peralatan masak berbahan silikon, mereka menyarankan untuk memulai dengan membaca petunjuk pada produk yang akan dibersihkan.

"Untuk beberapa barang, mencuci dengan tangan direkomendasikan, yang lain dapat dicuci dengan mesin cuci piring, terkadang di rak paling atas," jelas Mary Gagliardi, ilmuwan internal dan pakar kebersihan di Clorox.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Asap dari Dalam Rumah dan Perabotan

Dia juga mengatakan untuk membaca label pada semua produk sebelum menggunakannya untuk membersihkan peralatan dapur silikon Anda. Ini akan membantu Anda menggunakan produk dengan aman.

2. Gunakan sabun cuci piring dan air panas

Para ahli sepakat bahwa menggunakan sabun dan air panas untuk menghilangkan bau dari silikon adalah salah satu metode terbaik dan paling aman.

Peterson mengatakan, Anda memerlukan sarung tangan karet, sabin cuci piring, spons non-abrasif, dan kain mikrofiber untuk proses ini.

Mulailah dengan mengenakan sarung tangan untuk menjaga tangan bebas dari minyak dan lemak. Selanjutnya, isi bak cuci piring atau baskom dengan air panas dan beberapa tetes sabun cuci piring.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com