Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Beli AC Portabel? Pertimbangkan 9 Hal Ini Terlebih Dulu

Kompas.com - 09/04/2022, 08:55 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tidak selamanya AC dipasang di tembok. Kini, sudah banyak produsen AC yang mengeluarkan produk AC portabel guna memudahkan masyarakat menikmati hawa dingin.

Selain lebih hemat ruang di dinding, AC portabel dapat digeser ke mana saja. Jadi, kamu dapat menggunakannya di ruang keluarga saat menonton televisi, atau di kamar tidur saat sedang bersantai.

Baca juga: 5 Tips Menggunakan AC Portabel agar Lebih Efesien

Disadur dari Choice Australia, Sabtu (9/4/2022), tipe pendingin ini sama seperti AC pada umumnya. Mereka menghisap udara yang hangat dan lembap, mendinginkan dan menghilangkan kelembapannya, dan meniupnya kembali ke ruangan.

1. Benarkan bisa dipindahkan?

Ilustrasi AC portable. SHUTTERSTOCK/WSTOCKSTUDIO Ilustrasi AC portable.

Meski disebut sebagai portabel dan dapat digunakan tanpa melakukan perubahan pada bangunan, kamu mungkin tidak ingin memindahkannya dari satu ruangan ke ruangan lain layaknya kipas.

Sebab, kebanyakan dari mereka cukup berat, tidak selalu mudah untuk digerakkan, dan memerlukan pemasangan ke jendela menggunakan peralatan yang disediakan pihak produsen.

Baca juga: 3 Penyebab Air Rembesan AC Berwarna Kuning

Akan tetapi, dikutip dari situs resmi Danby, AC portabel tetap bisa dipindahkan ke ruangan apa pun yang memiliki jendela.

Nah, jika tertarik untuk membeli AC portabel, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan supaya kamu tidak merasa rugi setelah memilikinya. Apa saja?

2. Posisi soket listrik

Para produsen tidak menyarankan untuk menggunakan kabel ekstensi pada AC portabel. Sebab, mereka memakan cukup banyak daya.

Adapun hal tersebut dapat menimbulkan risiko panas atau kebakaran. Untuk itu, pertimbangkan posisi AC portabel supaya mereka dekat dengan soket listrik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com