Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa AC, Ini 6 Tips Menyejukkan Rumah Saat Cuaca Panas

Kompas.com - 05/04/2022, 13:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim panas bisa dibilang adalah waktu terbaik sepanjang tahun.  Matahari terbit sepanjang waktu dan Anda dapat melakukan aktivitas di luar rumah atau ruangan kapan pun dengan aman. 

Namun, cuaca panas terkadang bisa membuat tak nyaman berada berlama-lama di dalam rumah, terutama bila rumah tidak memiliki pendingin ruangan atau AC

Baca juga: 6 Tips agar Rumah Tetap Sejuk dan Nyaman Tanpa AC

Sebagai solusi, mendinginkan diri di pantai atau kolam renang bisa menjadi waktu menyenangkan. 

Lantas, bagaimana menjaga rumah tetap sejuk selama musim panas?

Dikutip dari New Homes Guide, Selasa (5/4/2022), selain memasang AC, ada beberapa tips membuat rumah tetap sejuk selama hari-hari cuaca panas seperti berikut ini. 

Baca juga: 4 Hal yang Menandakan AC Bekerja Terlalu Keras

 

Letakkan ember es di dekat kipas angin 

Ilustrasi kipas angin, ilustrasi balok es, ilustrasi es batu.SHUTTERSTOCK / BOKEH STOCK Ilustrasi kipas angin, ilustrasi balok es, ilustrasi es batu.
Jika tidak memiliki dana untuk memasang AC di rumah atau menghemat penggunaan AC, Anda dapat menggunakan kipas angin dan ember es.

Ini tidak hanya menjadi cara bagus untuk mendinginkan ruangan, tetapi juga menghemat uang tagihan listrik.

Ambil ember, lalu isi dengan beberapa potongan es, dan miringkan sedikit ke arah kipas angin yang menyala. Pantulan udara dari ember es akan menyejukkan ruangan dengan baik. Gunakan metode ini untuk menyejukkan ruangan mana pun di rumah. 

Baca juga: 7 Cara Membuat Rumah Lebih Sejuk saat Cuaca Panas

 

Gunakan tirai 

Banyak cahaya panas memasuki rumah melalui jendela yang terbuka. Untuk menghindari hal ini, cara terbaik adalah membeli beberapa gorden atau tirai berukuran cukup besar.

Gorden biasa juga bagus menghalau panas matahari, tetapi gorden antitembus pandang atau awning jendela khusus yang terbuat dari bahan yang tidak menyerap banyak panas atau membiarkan banyak cahaya masuk.

Dengan demikian, Anda tidak perlu mendinginkan ruangan tersebut jika tidak membiarkan panas masuk. 

Baca juga: 10 Alasan Mengapa AC Harus Rutin Diservis 

Biarkan jendela terbuka semalaman

Ilustrasi jendela rumah.SHUTTERSTOCK/SIMON BRATT Ilustrasi jendela rumah.
Pada siang hari, cuaca terasa lebih panas, tetapi kemungkinan besar segalanya akan menjadi dingin pada malam hari. Disarankan memanfaatkan perubahan suhu ini dan membiarkan jendela tetap terbuka selama semalaman.

Dengan begitu, udara dingin dan segar bisa masuk serta mengeluarkan sebagian dari udara panas itu. Namun, nyamuk dan serangga menjadi masalah baru, jadi disarankan memasang penghalau nyamuk atau serangga pada jendela. 

Ganti bola lampu

Anda akan terkejut betapa banyak bola lampu yang dapat memanaskan rumah. Hampir 90 persen energi yang dihasilkan bola lampu diubah menjadi panas. Bukannya menghasilkan cahaya ekstra justru membuat rumah menjadi agak panas.

Karena itu, disarankan menggantinya dengan CFL atau jenis lampu pijar lainnya. Ini akan menghasilkan lebih sedikit panas, tidak akan membuat rumah panas, dan membantu menghemat tagihan energi. 

Baca juga: 5 Pilihan Tanaman yang Dapat Membuat Ruangan Sejuk

Minimalkan memasak 

Ilustrasi kompor gas.SHUTTERSTOCK/PANDASTUDIO Ilustrasi kompor gas.
Menggunakan kompor atau oven akan memanaskan rumah, terlebih pada cuaca panas. Jika memungkinkan, masak di luar ruangan atau memasak pada pagi dan malam hari sehingga membantu meminimalkan panas di rumah.

Selanjutnya, cobalah tidak menggunakan oven sama sekali, tetapi buatlah makanan cepat saji yang hanya membutuhkan waktu memasak 10-30 menit dengan menumis makanan di atas kompor. 

Baca juga: 7 Penyebab AC Bocor dan Mengeluarkan Air saat Dinyalakan

Menanam tanaman dan pohon 

Salah satu cara mendinginkan ruangan serta menjaga rumah tetap segar adalah menaman tanaman serta pohon. Cara ini juga membuat Anda akan mendapatkan taman yang indah serta udara yang bersih dan segar. 

Dedaunan pohon dapat menghalangi banyak radiasi matahari serta menyerap CO dan mengeluarkan oksigen dan uap air. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com