Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mencuci dan Merawat Gendongan Bayi Sesuai Jenisnya

Kompas.com - 03/04/2022, 15:30 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kebersihan gendongan bayi juga perlu diperhatikan, karena ada banyak hal yang bisa membuatnya kotor salah satu contohnya yakni gumoh bayi.

Bahkan keringat dari tubuh ibu atau ayah juga membuat gendongan bayi bisa berbau tak sedap. Sehingga perlu dicuci agar lebih higienis dan tak ada kuman atau bakteri yang bersarang di sana.

Namun, saat membersihkan gendongan bayi, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal seperti kain dan tipe gendongannya.

Nah, melansir dari Mom Loves Best, Minggu (03/04/2022) berikut tips mencuci gendongan bayi sesuai dengan jenisnya.

Baca juga: Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Mencuci Baju Bayi yang Baru Lahir

Mencuci gendongan SSC (Soft Structured Carrier)

Gendongan SSC adalah jenis gendongan yang memiliki bantalan lembut di bagian bahu. Biasanya gendongan jenis ini bisa digunakan untuk bayi yang sudah berusia 4 bulan.

Untuk mencuci gendongan bayi jenis ini, cuci bila keadaan gendongan sudah benar-benar kotor. Kamu bisa mencucinya dengan deterjen bayi, lalu gunakan siklus halus.

Setelah itu keringkan dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Pastikan untuk tidak menggunakan pelembut pakaian atau bahan-bahan yang mungkin bisa mengiritasi kulit bayi.

Bila hanya kotor sedikit, kamu bisa membersihkan gendongan SSC dengan mengelapnya dengan kain yang dicelupkan di air panas. Kemudian angin-anginkan sampai kering.

Baca juga: 7 Tips Mencuci Pakaian Bayi agar Bersih, Awet dan Wangi

Cara mencuci baby wrap

Baby wrap adalah gendongan kain yang lebar dan membungkus bayi. Gendongan ini bisa digunakan sejak usia bayi masih kecil sampai 5 tahun.

Cara mencuci gendongan model baby warp ini bisa dengan memasukannya ke dalam tas pakaian atau sarung bantal.

Lalu masukkan ke dalam mesin cuci, beri deterjen khusus bayi, dan gunakan siklus putaran halus. Selanjutnya jemur baby warp di ruangan terbuka.

Baca juga: Cara Membersihkan Botol Susu Bayi agar Bebas Bakteri

Mencuci gendongan bayi mei tei

Ilustrasi gendongan bayiUNSPLASH/Kyle Nieber Ilustrasi gendongan bayi

Bila kamu menggunakan gendongan bayi model mei tei yang memiliki model seperti gendongan SSC dan warp. Cara mencucinya cukup dengan membungkusnya dengan sarung bantal agar gendongan mei tei tak kusut.

Kemudian masukkan gendongan bayi ke mesin cuci, beri deterjen ringan dan air dingin. Gunakan siklus pencucian halus. Setelahnya kamu bisa menjemurnya hingga kering.

Baca juga: 5 Warna Cat Kamar Tidur Bayi yang Menyenangkan dan Menenangkan

Mencuci gendongan ring sling

Cara untuk mencuci gendongan yang memiliki ring sebagai pengait ini pertama dengan melepas bagian utas yang menyambung di ring terlebih dulu.

Selanjutnya cuci bagian kain gendongan dengan air dingin dan deterjen ringan atau khusus bayi. Kemudian jemur di bawah sinar matahari sampai kering.

Baca juga: Tips Desain dan Dekorasi Kamar Bayi Menurut Feng Shui

Bila sudah karing, kamu bisa menyetrika kain gendongannya agar tak kusut. Jangan lupa untuk mengelap ring pengait dengan kain agar tak ada debu atau noda membandel menempel di sana.

Selain tipe gendongan, kamu juga perlu memperhatikan jenis kainnya sebelum mencuci. Sebab ada beberapa kain yang tak boleh terkena air lebih lama seperti viscose bambu dan wol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com