Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Mendekorasi Ruang Keluarga yang Menarik dan Fungsional

Kompas.com - 01/04/2022, 13:46 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang keluarga biasanya digunakan sebagai area hiburan di rumah untuk menghabiskan banyak waktu senggang seperti menonton TV atau film, bersantai, dan berkumpul bersama keluarga.

Tak heran, membuat ruang keluarga menjadi bagian penting dari keseluruhan desain rumah. Karena itu, mendekorasi ruang keluarga menjadi hal penting. 

Baca juga: 10 Cara Membuat Ruang Keluarga yang Santai dan Menenangkan

Ruang keluarga yang didekorasi dengan baik dapat memikat dan mendorong Anda untuk berlama-lama berada di sana. Namun, mendekorasi ruang keluarga terbilang cukup rumit karena taruhannya yang tinggi.

Untuk memudahkan Anda, berikut tips mendekorasi ruang keluarga yang menarik serta fungsional dikutip dari My Decorative, Jumat (1/4/2022). 

Baca juga: 4 Keuntungan Menerapkan Desain ala Jepang di Ruang Keluarga 

Mulailah membuat daftar kebutuhan Anda

Ilustrasi ruang keluarga; meja kopiUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi ruang keluarga; meja kopi
Tentukan berapa banyak barang yang ingin disediakan untuk mengakomodasi gaya hidup Anda. Selalu hitung jumlah kursi dan sofa yang dibutuhkan serta buat daftar semua yang Anda butuhkan atau inginkan seperti furnitur, karpet, jug gorden.

Pertimbangkan pergerakan di ruangan, jendela, dan pintu karena dapat menimbulkan masalah di ruang keluarga. Pilih furnitur yang cocok untuk ruang keluarga.

Mendekorasi ruang keluarga adalah kesempatan bagus untuk menentukan apa yang paling penting bagi Anda. 

Baca juga: 6 Langkah Menciptakan Feng Shui Baik di Ruang Keluarga

Tentukan gaya Anda

Memilih gaya dekorasi untuk ruang keluarga tidaklah mudah. Untuk membantunya, Anda  dapat melihat gambar dari berbagai gaya dekorasi ruang keluarga.

Periksa gambar dan analisis mengapa itu menarik bagi Anda. Ketika tamu tiba di ruang keluarga, pandangan mereka akan tertuju pada hal utama yang menjadi titik fokus seperti perapian yang besar atau TV.

Jika tidak memiliki titik fokus tersebut, ganti dengan benda lain seperti cermin besar, piano, atau karya seni kolosal. 

Baca juga: 3 Jenis Pencahayaan untuk Meningkatkan Tampilan Ruang Keluarga 

Gunakan warna lembut

Ilustrasi ruang keluarga dengan hiasan dindingUnsplash/Spacejoy Ilustrasi ruang keluarga dengan hiasan dinding
Keputusan skema warna untuk ruangan keluarga bersifat pribadi. Namun, agar tidak menipu Anda, pilih warna lembut untuk dinding (abu-abu hangat, kelabu tua, linen) dan satu warna aksen yang berani untuk tampilan menonjol.

Apakah Anda menyukai tampilan monokrom atau memilih memasukkan beberapa warna pelengkap, skema warna adalah aspek penting dalam menciptakan desain ruang keluarga yang terpadu.

Palet warna yang menyatukan setiap elemen ruang keluarga adalah cara sederhana untuk menjaga penampilan ruangan tetap bersih dan fungsional. 

Baca juga: 8 Tips Mendesain Ruang Keluarga Bergaya Modern 

Berani bersenang-senang

Lacquer adalah finishing furnitur yang populer saat ini. Jangan takut menggunakan ubin PVC untuk lantai ruang keluarga. 

Lantai PVC memiliki tampilan cukup sederhana untuk dipasang dan sangat murah. Ini juga menciptakan representasi yang indah, tetapi tidak memoles lantai, yang memberikan satu sisi plastik sangat mengkilap. Intinya, tidak perlu takut untuk mencoba hal baru untuk ruang keluarga Anda

Baca juga: 7 Panduan Memilih Furnitur yang Tepat untuk Ruang Keluarga

Perbarui furnitur 

Mendekorasi ruang keluarga perlu dilakukan secara perlahan dan hati-hati untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Ingatlah untuk memperbarui furnitur dan objek.

Ganti meja kopi lama, sofa dengan kain baru, dan gunakan bantal sofa bila sebelumnya tidak menggunakannya. Singkatnya, letakkan kepribadian Anda di ruang keluarga.

Jika menginginkan lebih banyak ruang penyimpanan, cari item menarik yang menyembunyikan pernak-pernik Anda sambil berintegrasi dengan desain ruangan. 

Selain itu, tingkatkan sumber pencahayaan yang menyebar lembut untuk suasana yang hangat dan bersahabat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com