Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Dibuang, Manfaatkan Silica Gel untuk 5 Hal Ini

Kompas.com - 15/03/2022, 21:55 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika membeli sepatu atau tas baru, mungkin kamu pernah menemukan sebuah bungkusan kecil yang seperti diisi butiran pasir kerikil.

Jika iya, itu adalah bungkusan silica gel atau gel silika, yakni zat pengering yang menyerap kelembapan dari sekitarnya.

Meski tampak seperti sesuatu yang tak lagi berguna, silica gel dapat kamu gunakan untuk beragam keperluan yang sangat berguna di rumahmu.

Baca juga: Apa Itu Silica Gel? Kenali Manfaat dan Risikonya

Dilansir dari Times of India, Selasa (14/3/2022), berikut ini adalah lima hal yang dapat dimanfaatkan dari silica gel.

Tidak membiarkan baterai ponsel sampai habis, dan tidak mengisi ulang baterai sampai 100 persen adalah tips yang bisa dicoba untuk memperpanjang umur baterai.  PEXELS/Steve Johnson Tidak membiarkan baterai ponsel sampai habis, dan tidak mengisi ulang baterai sampai 100 persen adalah tips yang bisa dicoba untuk memperpanjang umur baterai.
Menyelamatkan handphone yang basah

Silica gel berguna untuk menyedot kelembapan dari ponsel yang basah. Oleskan kelebihan air dengan bantuan kain lembut dan lepaskan baterai handphone jika memungkinkan.

Simpan handphone dan baterai di dalam kantong zip lock, lalu masukkan bungkusan silica gel ke dalam. Biarkan semalaman dan nyalakan handphone keesokan paginya.

Merawat pisau cukur

Baca juga: Jangan Dibuang, Manfaatkan Koran Bekas untuk 8 Hal Ini

Simpan semua pisau cukurmu ke dalam stoples dan masukkan bungkus silica gel ke dalamnya.

Kamu akan terkejut mengetahui bahwa bilah pisau cukur tidak akan pernah ternoda dan akan tersedia untuk digunakan dalam waktu yang lama.

Mencegah peralatan perak ternoda

Karena adanya kelembapan di lingkungan, peralatan perak mudah ternoda. Namun, kamu dapat dengan mudah mencegah hal ini dengan menggunakan bungkusan silica gel.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com