Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna Feng Shui Terbaik untuk Pintu Depan Rumah yang Menghadap Timur

Kompas.com - 07/03/2022, 19:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa area rumah yang sangat penting dalam perspektif feng shui, salah satunya pintu depan rumah. 

Dalam feng shui, pintu depan rumah dikenal sebagai mulut Qi karena merupakan bagian utama Qi atau energi kekuatan hidup memasuki rumah. 

Baca juga: 8 Tips Feng Shui Balkon untuk Mendatangkan Kekayaan dan Keberuntungan

Karena itu, penting memiliki pintu depan rumah yang kuat karena mewakili kemampuan untuk menyambut peluang baru ke dalam hidup Anda.

Dilansir dari The Spurce, Senin (7/3/2022), untuk memperkuat pintu depan rumah, pastikan area pintu harus bersih, rapi, dan mudah diakses. Jika Anda dapat masuk dan keluar dari pintu dengan mudah, ini juga membuat Qi mengalir dengan lancar. 

Selain itu, untuk lebih mendukung pintu depan rumah, Anda perlu mengecatnya dengan warna yang selaras dengan lokasi atau arah pintu, misalnya pintu depan rumah yang menghadap timur. 

Dalam feng shui, rumah menghadap timur bisa mendatangkan keberuntungan dan kesehatan karena menghadap langsung ke sinar matahari.

Baca juga: Ingin Kaya? Letakkan 3 Tanaman Hias Ini di Pintu Depan Rumah

 

Warna feng shui untuk pintu depan rumah yang menghadap timur

Ilustrasi pintu depan rumah berwarna hijau zamrudUnsplash/Nazrin B-va Ilustrasi pintu depan rumah berwarna hijau zamrud

Untuk pintu depan rumah yang menghadap ke timur, Anda mungkin ingin mengecatnya dengan warna yang mendukung elemen kayu. Anda dapat melakukan ini dengan memilih warna yang langsung terikat pada elemen kayu. 

Bisa pula memilih warna elemen air karena air memberi makan dan memelihara kayu dalam siklus lima elemen feng shui, yakni air, kayu, tanah, logam, dan api. 

Baca juga: 6 Pilihan Gaya dan Material Menarik untuk Pintu Depan Rumah

Warna feng shui untuk elemen kayu 

Hijau

Elemen kayu dan warna hijau mewakili pertumbuhan dan awal yang baru. Pikirkan warna hijau segar dari sehelai rumput baru atau daun di pohon yang sedang tumbuh.

Biru

Biru adalah warna yang menyembuhkan dan menenangkan, yang dapat menjadikannya pilihan tepat untuk dekorasi rumah. Pilih biru cerah untuk membuat pernyataan atau sesuatu yang sedikit lebih lembut untuk mengundang lebih banyak ketenangan.

Baca juga: Feng Shui Larang Foto Pernikahan di Atas Tempat Tidur, Mengapa? 

Teal

Sama dengan semua warna elemen kayu, teal mendorong pertumbuhan dan penyembuhan. Ini juga bisa menjadi warna menyenangkan serta berani untuk pintu depan rumah.

Warna feng shui untuk elemen air

Hitam

Ilustrasi pintu depan rumah berwarna biru mudaUnsplash/Guillaume Duhan Ilustrasi pintu depan rumah berwarna biru muda

Hitam adalah warna elegan yang mewakili kebijaksanaan dan intuisi. Ini juga dapat menarik serta menyerap kemakmuran dan kepositifan ke dalam rumah. 

Baca juga: Tanaman Terbaik untuk Pintu Depan Rumah Menurut Feng Shui 

Abu-abu arang tua

Jika merasa hitam terlalu keras dengan eksterior rumah, cobalah menggunakan warna abu-abu arang yang sangat dalam, yang hampir hitam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com