Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/03/2022, 23:09 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Dibandingkan dengan AC, kipas angin menjadi pilihan yang lebih hemat untuk mendinginkan ruangan.

Namun Jika kamu tinggal di area tropis, seringkali kapasitas kipas angin tidak cukup untuk mendinginkan seluruh ruangan. Dengan begini AC menjadi pilihan yang tepat untuk hunianmu.

Meskipun AC membutuhkan energi listrik yang lebih banyak daripada kipas angin, kamu bisa melakukan tips berikut ini untuk menghemat penggunaan listriknya.

Melansir dari Apartement Therapy, Minggu (6/3/2022), berikut ini merupakan 6 cara untuk menghemat listrik saat menggunakan AC di rumah.

Baca juga: 7 Ciri-ciri AC Rusak yang Harus Dikenali

Bersihkan filter AC

FIlter AC yang kotor dapat mempengaruhi kinerja AC dan membuatnya bekerja lebih keras. Agar sistem pada AC tetap sehat dan tidak menyedot banyak listrik, sebaiknya bersihkan filter AC secara rutin. Selain dapat menghemat listrik, filter yang bersih juga dapat membuat AC lebih tahan lama.

Gunakan Ac di ruangan yang teduh

Agar AC tidak bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan, sebaiknya letakkan AC di ruangan yang cukup teduh.

Meletakkan AC di ruangan berkaca atau di ruangan terbuka tentu akan membuat AC bekerja lebih keras. Sebaiknya tutup jendela atau gunakan tenda tertutup saat menggunakan AC di luar ruangan.

Baca juga: 7 Hal yang Menyebabkan AC Tidak Bisa Dimatikan

Hindari melakukan aktivitas yang menimbulkan panas

Ilustrasi pendingin ruangan atau AC (air conditioner).SHUTTERSTOCK/KWANGMOOZAA Ilustrasi pendingin ruangan atau AC (air conditioner).

Menurut Brandi Andrews, pendiri dan CEO di National Air Warehouse, memasak dan memanggang adalah sumber utama panas di dalam rumah.

Kegiatan ini tentunya akan menaikkan suhu di dalam rumah sehingga AC bekerja lebih untuk mendinginkan ruangan.

Sebaiknya lakukan kegiatan yang menimbulkan panas saat hari tidak terlalu terik atau saat malam hari.

Baca juga: 5 Keunggulan Menggunakan AC Inverter di Rumah

Jangan mengubah pengaturan termostat

Cara terbaik saat menggunakan AC ialah dengan mengatur suhu secara konsisten dan tidak sering mengubah pengaturan termostat.

Setel pada suhu yang nyaman lalu biarkan ruangan menjadi dingin dengan sendirinya. Kamu juga dapat menggunakan kipas angin untuk mempercepat pendinginan ruangan.

Baca juga: 6 Tips agar Rumah Tetap Sejuk dan Nyaman Tanpa AC

Periksa kelembaban ruangan

Spesialis Penjualan Kategori Ferguson HVAC, Jeff Spencer mengatakan bahwa selain AC yang mengontrol dingin dan hangatnya rumah, salah satu faktor penting yang perlu kamu perhatikan ialah kelembaban rumah.

Kelembaban adalah komponen penting dari kenyamanan, contohnya saja jika kamu pergi ke rumah sakit atau ruangan dokter, area ini biasanya lebih ingin karena menghindari kelembaban.

Untuk membuat ruangan menjadi lebih dingin, kamu bisa mengandalkan dehumidifier yang dapat mengurangi kelembaban di ruangan.

Baca juga: 6 Penyebab AC Mengeluarkan Bau Tak Sedap

Matikan AC saat tidak digunakan

Cara paling sederhana untuk menghemat penggunaan AC ialah dengan mematikannya saat tidak digunakan.

Agar ruangan tetap dingin saat kamu keluar rumah, pastikan untuk menutup jendela agar ruangan tidak berubah menjadi seperti oven.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com