Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Membasmi Tungau Debu yang Sebabkan Alergi di Rumah

Kompas.com - 01/03/2022, 12:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Prevention

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda merasa gatal saat berbaring di tempat tidur atau duduk di karpet? Kemungkinan gatal tersebut disebabkan adanya tungau debu.

Dilansir dari Prevention, Selasa (1/3/2022), tungau debu bersembunyi di area titik kontak tinggi di rumah Anda, dan perlu perhatian dan perawatan khusus untuk membasminya.

Apa itu tungau debu?

Tungau debu adalah serangga kecil yang dapat bersembunyi di seluruh rumah Anda. Ukurannya lebih kecil dari yang dapat dilihat mata, dan dapat menyebabkan masalah pada kesehatan Anda jika dibiarkan.

Baca juga: Kipas Angin Plafon Berbahaya untuk Mereka yang Alergi, Mengapa?

Ilustrasi tungau debu. SHUTTERSTOCK/STEVENKU Ilustrasi tungau debu.

Tungau debu adalah serangga mikroskopis atau tungau yang hidup di daerah yang berlapis kain atau lembab.

"Mereka biasanya (penyebab) alergi dalam ruangan yang sangat umum. Mereka tidak berbahaya bagi manusia kecuali Anda alergi," kata Purvi Parikh, ahli alergi dari Allergy & Asthma Network.

Parikh menambahkan, tungau debu biasanya bersembunyi di jok, karpet, kasur, dan bantal. Ia mengatakan, perhatian utama tungau debu adalah ketika seseorang memiliki alergi terhadapnya.

Jika Anda memiliki alergi terhadap tungau debu, Parikh memperingatkan bahwa mereka dapat menyebabkan gejala dan reaksi alergi atau bahkan asma maupun masalah pernapasan.

Baca juga: Bisakah Tanaman Dalam Ruangan Menyebabkan Alergi? Ini Penjelasannya

Paling sering tungau debu yang sudah mati atau kotoran tungau debu yang memicu gejala alergi yang cenderung muncul seperti bersin, batuk, mata berair, hidung tersumbat, masalah pernapasan bagian atas, atau eksim.

Parikh menyarankan untuk mengunjungi ahli alergi atau imunologi bersertifikat untuk menentukan apakah Anda memiliki alergi terhadap tungau debu. Setelah alergi dikonfirmasi, Anda dapat bekerja dengan tenaga kesehatan untuk menentukan pengobatan imunoterapi adalah pilihan terbaik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com