Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Cara Membasmi Tungau Debu yang Sebabkan Alergi di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda merasa gatal saat berbaring di tempat tidur atau duduk di karpet? Kemungkinan gatal tersebut disebabkan adanya tungau debu.

Dilansir dari Prevention, Selasa (1/3/2022), tungau debu bersembunyi di area titik kontak tinggi di rumah Anda, dan perlu perhatian dan perawatan khusus untuk membasminya.

Apa itu tungau debu?

Tungau debu adalah serangga kecil yang dapat bersembunyi di seluruh rumah Anda. Ukurannya lebih kecil dari yang dapat dilihat mata, dan dapat menyebabkan masalah pada kesehatan Anda jika dibiarkan.

Tungau debu adalah serangga mikroskopis atau tungau yang hidup di daerah yang berlapis kain atau lembab.

"Mereka biasanya (penyebab) alergi dalam ruangan yang sangat umum. Mereka tidak berbahaya bagi manusia kecuali Anda alergi," kata Purvi Parikh, ahli alergi dari Allergy & Asthma Network.

Parikh menambahkan, tungau debu biasanya bersembunyi di jok, karpet, kasur, dan bantal. Ia mengatakan, perhatian utama tungau debu adalah ketika seseorang memiliki alergi terhadapnya.

Jika Anda memiliki alergi terhadap tungau debu, Parikh memperingatkan bahwa mereka dapat menyebabkan gejala dan reaksi alergi atau bahkan asma maupun masalah pernapasan.

Paling sering tungau debu yang sudah mati atau kotoran tungau debu yang memicu gejala alergi yang cenderung muncul seperti bersin, batuk, mata berair, hidung tersumbat, masalah pernapasan bagian atas, atau eksim.

Parikh menyarankan untuk mengunjungi ahli alergi atau imunologi bersertifikat untuk menentukan apakah Anda memiliki alergi terhadap tungau debu. Setelah alergi dikonfirmasi, Anda dapat bekerja dengan tenaga kesehatan untuk menentukan pengobatan imunoterapi adalah pilihan terbaik.


"Meskipun Anda dapat menemukan tungau debu di gedung komersial, seperti kantor, Anda lebih mungkin menemukannya di rumah, terutama di kamar tidur" ujar Joel Craddock, Pelatih Utama Institut Pembersihan Asosiasi Penyedia Sanitasi Internasional dan CEO dari Doc's Facilities Solutions Inc.

Tungau debu lebih menyukai permukaan yang gelap dan lembut dengan kelembapan tinggi, itulah sebabnya pakaian, bantal, mainan, dan barang-barang kamar tidur cenderung memiliki volume yang tinggi.

Craddock mengatakan, tungau debu kebanyakan memakan sel-sel kulit manusia, jadi serangga kecil ini akan bersembunyi di kasur, selimut, bantal, dan seprai di mana Anda kehilangan sebagian besar sel kulit mati saat Anda tidur atau karpet dan tirai tebal di mana kondisinya ideal.

Cara membasmi tungau debu

1. Pelapis kasur

Purvhi mengatakan Anda dapat membeli pelapis kasur untuk sebagai cara yang efektif untuk membuat penghalang antara Anda dan tungau debu.

Anda juga dapat membeli sarung antialergi untuk bantal dan sarung untuk furnitur kain.

Craddock menyarankan untuk memilih penutup yang lebih mahal yang akan bertahan 10 hingga 20 tahun karena beberapa opsi yang lebih murah hanya akan bertahan satu atau dua tahun.

2. Mencuci seprai

Purvhi menyarankan untuk mencuci seprai dengan air panas setidaknya sekali seminggu untuk menghilangkan tungau debu. Selain menggunakan deterjen untuk melepaskan kotoran, Craddock menyarankan penggunaan aditif pada air untuk melepaskan tungau debu secara khusus.

Selain itu, dia menyarankan untuk memeriksa kemasan untuk instruksi penggubaan. Meskipun tungau debu akan mati dalam suhu tinggi, beberapa produk dirancang untuk digunakan dalam air yang lebih dingin.

3. Membersihkan karpet

"Cuci karpet dengan air panas atau sedot debu pada area berkarpet dengan vacuum cleaner untuk yang tidak dapat Anda bersihkan," saran Purvhi.

Craddock mengatakan menyedot debu seminggu sekali dengan vacuum cleaner yang memiliki filter HEPA dapat membantu. Dia menambahkan, Anda juga bisa mencuci karpet pada suhu tinggi untuk membunuh tungau debu yang tersisa.

4. Jangan tidur dengan boneka

"Ini dapat menampung tungau debu, jadi menjauhkan boneka dari tempat tidur sangat ideal untuk menjaga ruang tetap bersih, terutama untuk anak kecil dengan alergi," ucap Purvhi.

5. Turunkan suhu

Purvhi mengatakan, tungau debu menyukai tempat yang hangat dan lembap. Dengan menjaga suhu di rumah tetap rendah, Anda menghilangkan risiko menampung terlalu banyak tungau debu.

Jika Anda tidak dapat mengontrol suhu, Craddock mengatakan, dehumidifier dapat membantu menjaga ruangan tetap kering, yang tidak cocok untuk tungau debu.

6. Gunakan tirai tipis

Ganti tirai tebal dengan tirai tipis, saran Craddock. Dia mengatakan, tirai atau gorden yang tebal seringkali dapat menyembunyikan tungau debu dan sulit dibersihkan.

7. Sinar matahari

Craddock mengatakan sinar matahari dapat secara efektif membunuh tungau debu. Saat cuaca bagus, dia menyarankan untuk menggantung selimut dan karpet di atas tali jemuran untuk dijemur.

8. Bersihkan dengan kain basah

Alih-alih menyebarkan tungau debu ke udara dengan kemoceng atau metode pembersihan kering, Craddock mengatakan kain mikrofiber lembap dengan air atau pembersih serba guna sangat bagus untuk menangkap debu dan tungau debu dari permukaan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/01/124800176/8-cara-membasmi-tungau-debu-yang-sebabkan-alergi-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke