Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Cara Mencuci Sapu agar Bebas Debu dan Kotoran

Kompas.com - 14/02/2022, 22:32 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Food52

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyapu lantai menjadi salah satu kegiatan yang selalu dilakukan di dalam rumah. Sebab, debu serta kotoran akan terus-menerus menempel pada lantai sehingga membersihkan lantai menjad hal yang harus dilakukan secara rutin. 

Sayang, ketika membersihkan lantai seperti menyapu, sapu tidak turut dibersihkan. Padahal, sapu yang digunakan juga menyimpan banyak kotoran dan debu selama penggunaan sehingga penting membersihkannya. 

Dilansir dari Food52, Senin (14/2/2022), berikut cara mencuci sapu agar bebas debu dan kotoran. 

Baca juga: 5 Tips Membersihkan Lantai Rumah agar Berkilau dan Tampak Baru 

Singkirkan debu 

Pertama, singkirkan semua debu, kotoran, dan rambut yang menempel pada sapu. Gunakan tangan Anda untuk menghilangkan puing-puing terbesar, lalu kibaskan sapu ke lantai untuk melonggarkan semuanya atau gunakan pelapis penyedot debu untuk menyedot sisanya. 

Siapkan campuran air dan sabun 

Ilustrasi sapuUnsplash/Magnus S Ilustrasi sapu

Selanjutnya, siapkan ember cuci berisi air hangat, kemudian masukkan beberapa tetes semprotan sabun cuci piring cair atau detergen bubuk pemutih oksigen, dan aduk hingga air berbusa.

Jika sapu digunakan untuk area yang sangat kotor seperti kamar mandi, tambahkan satu atau dua tetes pemutih untuk disinfektan. 

Baca juga: Perhatikan, Ini Cara Membersihkan Lantai Keramik, Kaca, dan Bata 

Rendam sapu

Setelah itu, saatnua mencuci sapu. Untuk sapu berbulu plastik, rendam dalam air berbusa selama 30 menit hingga satu jam, sedangkan sapu serat alami selama 15 menit agar bulu tidak melemah dan berjumbai.

Saat melakukannya, bersihkan juga pengki dengan air sabun yang hangat agar sapu tidak cepat kotor terkena pengki yang kotor.  

Baca juga: Trik Membersihkan Lantai dengan Cuka, Baking Soda, dan Air Sabun 

Bisa dan keringkan 

Setelah direndam, bilas sapu di bawah air keran yang mengalir. Gosok bulu sapu dengan tangan sampai semua sabun hilang dan airnya jernih.

Bersihkan gagang sapu dengan semprotan disinfektan, lalu gantung sapu atau letakkan dengan posisi ke atas hingga bulu sapu kering.

Jika membersihkan sapu pada bulan-bulan hangat, pertimbangkan menjemurnya di bawah sinar matahari untuk membunuh bakteri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Food52
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com